Jaga Kualitas Tembakau, DKPP Pamekasan Rutin Beri Bantuan Benih Kepada Petani

1288
×

Jaga Kualitas Tembakau, DKPP Pamekasan Rutin Beri Bantuan Benih Kepada Petani

Sebarkan artikel ini
jpg 20220821 202249 0000

Pamekasan, Detikzone.net- Sebagai upaya menjaga dan meningkatan kualitas tembakau Madura, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Dinas Pertanian Dinas Ketahanan Pengan dan Peternakan (DKPP) secara rutin memberikan bantuan benih kepada para petani.

Ini namanya program peningkatan kualitas tembakau, salah satunya dengan pemberian benih prancak 95 yang sudah ada sertifikatnya,” ujar Kepala Bidang Produksi Pertanian Dinas Ketahanan Pengan dan Peternakan (DKPP) Pamekasan, Achmad Suaidi.

Dana program peningkatan kualitas benih tersebut bersumber dari bantuan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) dengan anggaran sekitar Rp 42 juta pertahun.

Ini sangat kecil anggarannya, karena kita belum mancakup secara keseluruhan,” tuturnya, Sabtu (20/8/2022).

Kata dia, tidak semua wilayah di daerahnya cocok untuk ditanami tembakau lantaran tanah yang tidak mendukung. Hal itu sesuai dengan tes laboratorium yang telah dilakukan. Oleh karena itu, petani dapat memanfaatkan tanaman lain selain tembakau agar untungnya lebih maksimal.

Yang tidak layak itu tolong ditanami yang lain, tanaman alternatif, salah satu contohnya jagung hibrida, dan bawang merah,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan