EkonomiPendidikan

Jadi Narasumber di Kampus Wiraraja Sumenep, Fauzi As Ajak Mahasiswa Update Diri 

×

Jadi Narasumber di Kampus Wiraraja Sumenep, Fauzi As Ajak Mahasiswa Update Diri 

Sebarkan artikel ini
20240315 213508 0000
Foto: Owner Mami Muda, Fauzi AS saat memberikan penguatan karakter kepada ratusan mahasiswa.

Sumenep, Detikzone.net – Universitas Wiraraja Sumenep menggelar program praktik kerja Lapangan tahun ajaran 2023/2024 dengan tema “Membangun Ide Bisnis di Era Digital”. Jum’at (15/24).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Wiraraja tersebut menghadirkan sejumlah tokoh berpengaruh yang menjadi pembicara, salah satunya pengusaha sukses Fauzi As, owner Mami Muda.

Agenda program praktik kerja Lapangan tersebut sebagai sebuah upaya menanamkan keilmuan di lapangan bagi mahasiswa Universitas Wiraraja, sebagai bekal pasca pendidikan.

Langkah cerdas Universitas Wiraraja dalam menginisiasi terobosan patut diapresiasi lantaran output para mahasiswa maupun mahasiswi sangat diperlukan pasca pendidikan agar dapat menghasilkan mahasiswa yang mampu berdikari dan bekerja sesuai bidang dan keilmuan yang ditempuh yakni fakultas Ekonomi dan Bisnis.

20240315 213437 0000

Pada momentum tersebut, Fauzi As mengatakan, kampus jangan hanya menjadi etalase pendidikan namun output setelah keluar dari kampus, mahasiswa dan mahasiswi  itu harus menghadirkan dampak dampak riil terhadap masyarakat yang memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara .

“Kita mendorong kampus agar  tidak hanya mengajarkan mahasiswanya tentang teori teori tetapi lebih kepada praktek yang harus diseimbangkan dengan teorinya,” kata Fauzi As.

Lantas, Fauzi pun bertanya secara berulang kepada sejumlah mahasiswa bahwa adakah yang belajar berbisnis di era digital seperti saat ini.

Menurutnya, mahasiswa  jurusan ekonomi bisnis tentu diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja.

“Namun bagaimana kemudian para mahasiswa dan mahasiswi bisa menciptakan lapangan kerja sementara belum belajar sedikitpun soal praktek praktek riil di lapangan,” ungkap Fauzi As.

Oleh karenanya, Fauzi AS mengajak  para mahasiswa maupun mahasiswi agar upgrade diri supaya menjadi pribadi yang lebih unggul.

“Kunci sukses untuk menjadi pribadi yang lebih unggul itu  salah satunya harus merubah habitat untuk upgrade diri. Selain itu cari relasi dengan level tentunya di atas kita,” kata Fauzi As dihadapan ratusan mahasiswa.

Fauzi As juga menganalogikan  bahwa kunci keberhasilan itu harus siap memposisikan diri seperti bekas tapak kaki gajah, sebab, satu bekas tapak kaki gajah mampu menampung seribu semut.

“Hal itu akan membantu kita dalam banyak hal ke depan. Selanjutnya cari diferensiasi, itu juga sangat penting, karena hal itu yang menjadi pembeda (ciri khas) yang bisa kita jual,” sebut Fauzi As.

Mencetak output kewirausahaan bagi mahasiswa maupun mahasiswi untuk bekal pasca pendidikan merupakan salah satu inovasi yang harus dikembangkan.

“Maka hal itu sangat penting untuk mendorong kemajuan di era digital seperti saat ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan