Sekdakab Bersama Forkopimda Sampang Hadiri Sosialiasi Binter TNI AD

SAMPANG, Detikzone.net – Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H. Yuliadi Setiyawan bersama Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat setempat menghadiri Sosialisasi Pembinaan Binter (Bimbingan Teritorial) di Pendapa Trunojoyo, Selasa (29/3/2022).

Sosialisasi Binter ini dilaksanakan dalam rangka menjaga integritas wilayah NKRI dalam upaya mengatasi permasalahan teritorial Wilayah Negara Indonesia, salah satunya di Kabupaten Sampang.

Direktur Sistem dan Metode Pusat Teritorial Angkatan Darat, Brigjen TNI Ahmad Said S. Sos mengungkapkan sebagai alat pertahanan negara, diadakannya Binter menjadi kewajiban TNI untuk membantu pemerintah di daerah dalam upaya mewujudkan ketahanan wilayah dan kesejahteraan masyarakat.

“Peran TNI tersebut merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya Pasal 7 Ayat 2b mengenai Operasi Militer Selain Perang (OMSP) poin ke-8 dan 9, bahwa TNI berkewajiban memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) serta membantu tugas pemerintahan di daerah, termasuk tugas menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya peran serta Pemerintah, Penegak Hukum dan Keamanan serta seluruh elemen masyarakat menjadi penting dalam terwujudnya tujuan teritorial yang kokoh di Kabupaten Sampang.

“Tentunya dalam rangka terwujudnyan teritorial yang kokoh di Kabupaten Sampang butuh peran serta dari seluruh elemen baik pemerintahan, penegak hukum dan keamanan serta khususnya masyarakat yang lebih berperan penting bagi kesuksesan teritorial,” tambahnya.

Ia berharap kedepannya seluruh elemen dapat bekerjasama dalam memperkokoh teritorial Kabupaten Sampang sehingga berdampak pada Indeks Pembangunan Nasional.

“Secara sistemik kita sudah memiliki sistem perencanaan pembangunan nasional, sangat sesuai potensi TNI AD. Kami berarap komunikasi ini tetap terus berlanjut untuk bersinergi meningkatkan Indeks Pembangunan Nasional, ” tutupnya.

Sementara Sekretaris Daerah H. Yuliadi Setiyawan mengucapkan rasa terimakasih berkat kerja keras Forkopimda khususnya TNI AD sehingga kondisi masyakarat Kabupaten Sampang relatif kondusif.

“Selama ini kondisi masyarakat kami cukup kondusif dan stabil, ini semua berkat kerja keras Forkopimda. Kami ucapkan terimakasih karena telah bekerjasama selama ini sehingga masyarakat bisa merasa aman dan nyaman serta beraktivitas seperti biasa tentu hal ini karena aktifitas teritorial TNI AD semuanya,” pujinya.

Salah satu yang dirasakan secara langsung yakni percepatan vaksinasi di Kabupaten Sampang, hal ini mampu menunjukkan keberhasilan TNI AD dalam teritorial dan sinergi bersama pemerintah.

“Kita semuanya fokus pada vaksin, ini salah satu bukti pembinaan teritorial bisa berjalan dan bersinergi dengan pemerintahan desa. Kita memang masih terus mengontrol agar pembinaan teritorial ini terus menjadi lebih baik,” tandasnya.

Sejalan dengan harapan Brigjen Ahmad Said, Sekdakab Sampang berharap kedepannya ketahanan teritorial Kabupaten Sampang dapat lebih kokoh melalui sinergi yang terjalin.

“Dengan adanya sosialisasi binter ini semoga tercipta ketahanan teritorial yg kokoh di Kabupaten Sampang. Semoga kedepan sinergi bersama Kabupaten Sampang berjalan dengan semakin baik,” tutupnya

Tinggalkan Balasan