DaerahPemerintah

Musim Panen Padi Tiba, Penyuluh dan Petani di Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep Full Senyum

×

Musim Panen Padi Tiba, Penyuluh dan Petani di Kecamatan Batuan Kabupaten Sumenep Full Senyum

Sebarkan artikel ini
20240405 201956 0000
Caption : Potret petani dan penyuluh pertanian Kecamatan Batuan, Sumenep, Madura.

Sumenep, Detikzone.net- Musim panen adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh petani. Momen tersebut menjadi puncak kebahagiaan yang akan dirasakan oleh pelaku usaha tani. Sejak melakukan pengolahan, bayang-bayang panen inilah yang jauh-jauh diharapkan.

Bukan hanya petani. Musim panen nyatanya juga disambut oleh penyuluh pertanian sebagai mitra dari petani. Inilah yang kini dirasakan oleh tenaga penyuluh di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Batuan.

Koordinator Penyuluh (Koorluh) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Batuan, Sumenep, Madura, Junaidi, mengungkapkan kebahagiaannya karena pada bulan puasa ini, penyuluh dan petani di daerah setempat sedang gencar-gencarnya menyambut musim panen padi.

Menurut perhitungannya, musim panen tersebut akan berlangsung hingga pasca hari lebaran.

“Panen ini dimulai pada Maret 2024. Diawali dari panen di dua desa yakni Desa Batuan sebanyak 10 hektare dan Desa Gunggung 15 hektare. Alhamdulillah dari panen ini, hasilnya bagus. Tidak ada serangan hama maupun penyakit,” ungkapnya, dalam keterangan resmi, Jumat (05/04/2024).

“Panen sampai saat ini masih berlangsung. Untuk menyambutnya, kita telah menurunkan tim penyuluhan, membantu masyarakat melakukan panennya. Puncaknya, ini panen sampai nanti usai lebaran,” tambahnya.

Lebih jauh, Junaidi menerangkan hasil ubinan panen produksi padi dari desa-desa di Kecamatan Batuan, Sumenep, Madura. Padi varietas mapan masih menjadi primadona dengan hasil ubinan 8,1 ton per hektare.

“Setelah kita ubin, untuk produksi padi varietas Inpari mencapai 6,7 ton per hektare. Sedangkan padi varietas Mapan, capaian produksi yakni 8,1 ton per hektare. Total nanti sampai akhir Bulan Mei, yang akan kita ubin hasil panennya memperoleh 760 hektare,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan