Nasional

Kejanggalan Terungkap dalam Sidang Pemeriksaan Setempat Sengketa Tanah di Pangkep

×

Kejanggalan Terungkap dalam Sidang Pemeriksaan Setempat Sengketa Tanah di Pangkep

Sebarkan artikel ini
IMG 20240405 WA0037

Pangkep, Detikzone.net- 4 April 2024  Sidang Pemeriksaan Setempat sengketa tanah antara penggugat Idawahyuni dan tergugat H. Yunggu kembali menjadi sorotan di Pengadilan Negeri Pangkajene. Sidang kali ini dilokasi Objek Sengketa di Desa Patallasang, dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, A. Rico H. Sitanggang, S.H. M.Kn., didampingi beberapa Hakim dan Panitra.

Namun, setelah sidang selesai, kuasa hukum tergugat, Amiruddin Lili SH., menyampaikan beberapa kejanggalan yang ditemukan di lapangan. Salah satunya adalah ketidaksesuaian luas lokasi yang ditunjukkan dengan yang tercantum dalam gugatan.

Meskipun penggugat diberikan kesempatan untuk menunjukkan titik lokasi yang diklaim sesuai dengan gugatan, namun masih terdapat perbedaan yang signifikan antara luas lokasi yang dijelaskan dalam persidangan dengan yang ada di lapangan.

Kejanggalan lain yang disoroti adalah keraguan penggugat, Ida Wahyuni, dalam menunjukkan batas lokasi yang digugatkannya.

Hal ini mengindikasikan perlunya bantuan atau arahan dari pihak pengacara terkait penunjukan batas lokasi yang diakui sebagai miliknya.

Lebih lanjut, dari pengamatan fakta di lapangan, terdapat perbedaan data antara surat gugatan penggugat dengan fakta yang ditemukan.

Hal ini menimbulkan dugaan bahwa gugatan penggugat mungkin didasarkan pada asumsi dan tidak didukung oleh data bukti yang akurat dan terkini.

Sidang Pemeriksaan Setempat merupakan langkah dalam proses hukum untuk memastikan pemahaman yang jelas dan objektif tentang objek sengketa.

Majelis Hakim telah berupaya keras untuk mencocokkan bukti yang disajikan di persidangan dengan kondisi aktual objek sengketa.

Meskipun demikian, kejanggalan yang terungkap memperkuat perlunya proses hukum yang teliti dan adil untuk menyelesaikan sengketa tanah ini.

Pengadilan akan terus berupaya memastikan kebenaran dan keadilan berdasarkan fakta-fakta yang terungkap selama proses persidangan.

Tinggalkan Balasan