Berita

Pasca Viral Mengenai Pengamanan ODGJ di President Cafe, Kini Sudah Dijemput Kades dan Keluarganya

×

Pasca Viral Mengenai Pengamanan ODGJ di President Cafe, Kini Sudah Dijemput Kades dan Keluarganya

Sebarkan artikel ini
20240402 131131 0000

Sumenep, Detikzone.net- Pasca diberitakannya orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) yang diamankan Satpol PP pada tadi malam di President Cafe, Desa Gedungan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kini sudah dijemput oleh keluarga dan Kepala Desa Kertasada. Selasa, 02/04/24, siang.

Kepala Desa Kertasada, Sabuang mengatakan bahwa setelah membaca berita pihaknya langsung menghubungi keluarga yang bersangkutan, karena  ODGJ tersebut merupakan  masyarakatnya sendiri.

“Tadi malam saya dapat kiriman berita mengenai pengamanan ODGJ itu, sehingga saya juga langsung berkoordinasi dengan pihak keluarganya,” ucapnya.

Lantas, Kepala Desa Kertasada yang dikenal humanis dan sederhana ini langsung bergegas ke rumah keluarganya dan langsung menjemput yang bersangkutan menggunakan mobil yang bertuliskan Mobil Desa Siaga Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

“Tadi pagi saya langsung ke rumah keluarganya menuggu sampai siang hari untuk kami jemput bersama ke Rumah Peduli Sosial, dan Alhamdulillah tadi siang yang bersangkutan sudah kami jemput,” pungkasnya.

20240402 131151 0000

Dari data yang didapat Pewarta Detikzone.net ODGJ perempuan muda tersebut, atas Nama Busami kelahiran Sumenep 12 Mei 1997 yang beralamat di Jalan Yos Sudarso RT 007/RW 004 Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Diwartakan sebelumnya- Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengamankan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di President Cafe. Senin, 01/04/24. Malam.

Penanganan tersebut berdasarkan laporan dari management President Cafe yang beralamat di Desa Gedungan, melalui nomor pelayanan publik atau call center 112 kabupaten Sumenep.

Pengelola President Cafe, Ifan mengatakan, pihaknya merasa resah dengan adanya ODGJ tersebut.

“Khawatir mengganggu kepada pengunjung Cafe yang dan merusak sarana dan prasarana yang ada,” katanya.

Oleh sebab itu, dirinya langsung menghubungi layanan Call Center 112.

“Yang jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Pantauan di lokasi , dalam hitungan menit, Satpol PP Kabupaten Sumenep menunjukkan responsif-Nya kepada masyarakat Sumenep.

IMG 20240402 WA00041

Dengan pendekatan secara humanis, petugas berhasil membujuk ODGJ tersebut untuk dibawa ke mobil patroli.

ODGJ diserahkan kepada Rumah Perlindungan Sosial (RPS) untuk dilakukan rehabilitasi agar tidak lagi mengganggu ketentraman masyarakat.

“Atas laporan masyarakat kami segera melakukan penertiban, karena ketika orang ini kambuh, masyarakat jadi merasa terganggu dan resah terutama keselamatan pihak pengunjung Cafe tersebut,” ungkap petugas Satpol-PP kepada Pewarta.

Tinggalkan Balasan