Peristiwa

Gen-Z Madura: Wadah Baru bagi Pemuda Pelopor Kemajuan Madura

×

Gen-Z Madura: Wadah Baru bagi Pemuda Pelopor Kemajuan Madura

Sebarkan artikel ini
IMG 20240401 WA03021
Gen-Z Madura secara resmi telah berpayung hukum, hari ini, Senin (01/04/2024).

Sumenep, Detikzone.net- Dalam sejarahnya, peran pemuda di berbagai sektor sungguh tak bisa diragukan. Dari merebut kemerdekaan Indonesia sampai saat ini, pemuda sering menjadi garda dan benteng terdepan. Sayangnya, dalam tahun-tahun terakhir, di beberapa aspek, pemuda selalu diabaikan bahkan disepelekan.

Perlakuan-perlakuan semacam itu, baik secara langsung atau tidak langsung, membuat anak muda kehilangan semangat. Hal inilah salah satu yang memotivasi pemuda-pemudi di Pulau Garam Madura membentuk wadah baru bernamakan ‘Gen-Z Madura’.

Didirikan pada 17 November 2023. Kabupaten di ujung timur Pulau Garam yakni Sumenep menjadi saksi atas kelahiran sejarah pemuda pelopor kemajuan bangsa. Pendiri Gen-Z Madura, Qudsiyanto menjelaskan, visi dan misi pendirian wadah perkumpulan pemuda Madura ini.

“Visi kami ialah mencetak generasi Gen-Z Madura yang unggul, berkompeten, dan visioner. Sedangkan misi Gen-Z Madura termaktub dalam tiga poin, di antaranya adalah menjadikan wadah ini sebagai lokomotif gerakan anak muda yang kreatif, inovatif dan berdaya saing untuk peradaban Madura,” ungkapnya, Senin (01/04/2024).

“Lalu membangun kemitraan dengan pihak-pihak terkait, dalam rangka memupuk skill generasi Z Madura ke arah progresif dan profesional. Terakhir, mengontrol kebijakan baik eksekutif, legislatif dan yudikatif untuk kemajuan pemuda serta masyarakat Madura,” tambah Mantan Ketua PC PMII Sumenep itu.

Perkumpulan baru bagi pemuda-pemudi asal Madura ini mencetuskan semangat baru dalam memajukan kualitas kesejahteraan masyarakat dan pemuda Pulau Garam, berbalut motto visioner yakni ‘Generasi Muda, Membangun Madura’.

Sekadar diketahui, Gen-Z Madura kini memiliki struktur yang sistematis dari pusat hingga jajaran ranting. Ini menunjukkan, walaupun menjadi wadah pemuda yang terbilang sangat baru, tetapi kiprahnya tak terbendung sampai mampu membangun jaringan dari hulu hingga hilir.

“Kita punya badan organisasi daerah (bakoorda) di level kabupaten dan kota se-Madura. Di level kecamatan, Gen-Z Madura memiliki jaringan badan koordinasi kecamatan (bakoorcam). Tak kalah pentingnya, kita punya basis di akar rumput yaitu badan koordinasi desa (bakoordes),” pungkasnya.

Diinformasikan, wadah pelopor pemuda untuk kebaikan Madura di masa depan itu kini memenuhi syarat-syarat sebagai organisasi yang legal dan formal. Hal tersebut tercantum dalam payung hukumnya bernomor AHU-0001076.AH.01.07.TAHUN 2024.

Tinggalkan Balasan