Ekonomi

Sumenep, Kota Seribu UMKM

×

Sumenep, Kota Seribu UMKM

Sebarkan artikel ini
20240318 200420 0000
Foto: Setiap Hari, Bazar Takjil Ramdhan di areal Taman Adipura Sumenep disesaki ribuan pengunjung.

Sumenep, Detikzone.net- Belakangan ini, Sumenep disebut sebagai kota seribu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh sebagian besar masyarakat.

Sebutan tersebut bukan tanpa alasan.
Sebab, pasca Pandemi Covid -19, UMKM Sumenep terus bergerak maju, sehingga mampu meningkatkan sektor perekonomian masyarakat.

Pantauan wartawan di sejumlah tempat, para pelaku UMKM semakin hari justru semakin banyak bahkan pembelinya selalu membludak. Puncaknya saat bulan suci ramadhan.

Ramadhan kali ini, seakan menjadi momentum kebangkitan UMKM Sumenep sebab ramainya pembeli tidak hanya terjadi di jalan Diponegoro, Taman Tajamara, dan Areal Taman Adipura yang telah difasilitasi Pemkab, namun sejumlah jalan di areal strategis bahkan di pelosok desa- pun, pelaku UMKM seakan berlomba memasarkan produk jualannya.

Bahkan jika dihitung, mencapai ribuan pelaku UMKM.

Banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan bulan Ramadhan untuk meningkatkan omzet dan keuntungan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan aktivitas usaha pada bulan ini, terutama pada bisnis kuliner.

Bisnis kuliner seperti catering, kue, dan minuman menjadi pilihan utama bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan omzet selama bulan Ramadhan.

Selain itu, momen Ramadhan juga menjadi momen yang tepat bagi pelaku UMKM untuk memperluas jaringan dan menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis lainnya serta memperkenalkan produknya kepada lebih banyak orang dan menambah koneksi bisnis.

“Dengan adanya kegiatan seperti bazar Ramadhan ini tentu sangat menambah penghasilan kami,” kata Sulaiha, penjual sosis bakar dan minuman segar di Taman Adipura.

“Alhamdulillah omset setiap hari semakin naik mas. Kami menyediakan persediaan yang cukup, menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen pada bulan Ramadhan. Kalau pun jualan tidak habis, pasti tinggal sedikit,” tambahnya.

Disisi lain, peningkatan sektor ekonomi bagi para pelaku UMKM yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat disyukuri oleh pelaku UMKM di area Jalan Diponegoro bernama Ramzi

“Syukur Alhamdulillah mas, selama bulan puasa dagangan selalu ramai pembeli. Sepinya ketika hujan deras,” tutur Ramzi penjual jeruk peras.

 

Tinggalkan Balasan