HukrimPolitik

Coba Main Sulap, PPK Nonggunong dan Caleg Nasdem Resmi Dilaporkan

×

Coba Main Sulap, PPK Nonggunong dan Caleg Nasdem Resmi Dilaporkan

Sebarkan artikel ini
IMG 20240306 WA0294 1 scaled
Foto: Aliansi Progresif resmi melaporkan PPK Nonggunong dan Caleg Nasdem ke Bawaslu Sumenep

Sumenep, Detikzone.net- Coba main sulap kecurangan brutal suara pemilu 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Nonggunong dan Pausi Caleg partai Nasdem nomor urut  01 Dapil 7 resmi dilaporkan Aliansi Progresif Sumenep ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat. Rabu, 06/03/2024.

Ketua Aliansi Progresif Sumenep, Faldi Aditya mengatakan, dugaan kecurangan yang terjadi di Kecamatan Nonggunong terlalu vulgar sehingga nampak jelas ketidakprofesionalan PPK dalam mengawal proses pemilu 2024.

“Masih segar di ingatan kita bagaimana kemarin di Kecamatan Arjasa dan Kecamatan Lenteng muncul persoalan atas tidak profesionalnya PPK. Puncaknya atraksi percobaan sulap, yang dilakukan PPK Nonggunong,” ujarnya. Rabu (06/02/24).

Dimaksud aktraksi percobaan sulap, kata Faldy Aditya, adalah ketika PPK Nongggunong membacakan hasil rekapitulasi Caleg Partai Nasdem yang tidak sesuai dengan D Hasil.

“Kalau bukan percobaan sulap, apa namanya coba? Bodohnya mereka, hal itu dilakukan di depan Masyarakat se-Kabupaten Sumenep pada saat Pleno Tingkat Kabupaten,” ketusnya.

Menurut Faldy, hal itu merupakan dugaan pemalsuan dokumen dan pelanggaran berat pemilu 2024.

“Jelas itu merupakan dugaan pemalsuan dokumen. Namun Panwas seperti buta dan tuli menyaksikan brutalnya dugaan tindak pidana pemilu seperti ini,” ucapnya.

Sebagai warga negara yang baik, Faldy beranggapan bahwa memiliki kewajiban moral untuk mengawal dugaan kecurangan masif yang telah dilakukan PPK.

“Bukan hanya aneh, tapi PPK ini terkesan mau membodohi rakyat Indonesia. Kok bisa bisanya suara Caleg nomor urut 01 Pausi ini dibacakan menjadi 379 suara saat rapat Pleno Kabupaten. Padahal suara Pausi di Kecamatan Nonggunong dari D hasil itu hanya 13 suara. Ini kan ada indikasi main mata dan kongkalikong, antara Pausi dengan PPK Kecamatan Nonggunong,” terang Faldy.

Faldy mengajak seluruh masyarakat Sumenep agar tidak diam melihat dugaan kecurangan brutal pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Saya mengajak masyarakat Sumenep untuk satu barisan mengawal dugaan kecurangan masif terkait pelaksanaan pemilu kali ini. Kita akan melawan oknum oknum rakus dan biadab Seperti ini,” tandas Faldy Aditya.

Sementara itu, pihak Bawaslu, Habibi berjanji akan menindaklanjuti laporan dari Aliansi Progresif Sumenep dalam rentang waktu 7 hari.

 

Tinggalkan Balasan