Pemerintah

Pemdes Basoka Gelar Sosialisasi Program PTSL

×

Pemdes Basoka Gelar Sosialisasi Program PTSL

Sebarkan artikel ini
IMG 20240229 WA0133

Sumenep, Detikzone.net- Pemerintah Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, mengadakan Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Berbasis Partisipasi Masyarakat di Balai Desa Basoka, Kamis 29 Februari 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan warga datang dan memadati Balai Desa Basoka untuk mengikuti sosialisasi PTSL yang diselenggarakan oleh Pemdes Basoka bersama dengan BPN Sumenep, dan dihadiri oleh Forpimka Rubaru.

Kepala Desa Basoka, Achmad Suhdi mengatakan, program ini sangat urgent terkait dengan kepemilikan tanah. Makanya disebut sebagai salah satu program strategis Nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang dilakukan langsung kepada calon pendaftar sertifikat.

“Sampai sekarang, sudah lebih dari tiga ribu warga Basoka yang telah mendaftar program sertifikat tanah ini. Ini menjadi bukti bahwa warga Basoka mulai menyadari betapa pentingnya kepemilikan sertifikat,” tegasnya.

IMG 20240229 WA0134

Sementara itu, petugas dari BPN Sumenep Tegouh, sebelum membuka dialog dengan warga mengatakan, Basoka mendapatkan Program PTSL karena Perjuangan kepala desa (kalebun) yang telah menyadarkan masyarakatnya membayar Pajak PBB.

“Basoka menjadi Desa Terbaik di Kec.Rubaru.. karenaJumlah setoran Pajak terbanyak.. sehingga mendapat Program PTSL. Namun, bila ada tanah yang bermasalah, segera diselesaikan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Hadir pula dalam kegitan itu, dari Forpimka Rubaru. Sedangkan dari BPN dan Bappeda Sumenep, sekaligus menjadi narasumber dalam sosialisasi yang bertujuan menginformasikan bahwa PTSL penting untuk kepastian dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat.

Tinggalkan Balasan