Berita

Pejabat Daerah Dituding Abaikan Pelanggaran Izin pada Resto dan Cafe SAUNG SABIN 

×

Pejabat Daerah Dituding Abaikan Pelanggaran Izin pada Resto dan Cafe SAUNG SABIN 

Sebarkan artikel ini
20240226 132611 0000

Bogor, Detikzone.net – Restoran dan kafe populer, Saung Sabin, yang terletak di Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor, berada di bawah sorotan karena diduga beroperasi tanpa memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sementara pejabat daerah diduga tutup mata terkait pelanggaran ini.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28 tahun 2015 secara tegas menetapkan wilayah sungai, termasuk palung, bantaran, dan sempadan sungai. Hal ini menimbulkan kekhawatiran karena Saung Sabin diduga berlokasi dekat sungai, menimbulkan pertanyaan mengenai kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

Aksan Tjen, pemilik Saung Sabin, mengklaim bahwa mereka telah mengajukan permohonan IMB kepada pemerintah setempat, namun belum menerima kepastian mengenai keluarnya IMB tersebut, meskipun proses pengajuan sudah berlangsung hampir enam bulan.

Selain masalah IMB, juga muncul pertanyaan mengenai pembayaran pajak. Dengan tidak dimilikinya IMB, Saung Sabin juga diduga tidak membayar pajak selama dua tahun beroperasi. Hal ini dapat mengakibatkan sanksi mulai dari denda hingga penutupan usaha.

Namun, pihak UPT Penataan Bangunan I Wilayah Cibinong membantah klaim Aksan Tjen. Ahmad Sanusi, yang bertanggung jawab atas surat permohonan IMB, menyatakan bahwa proses pengawasan telah dilakukan sesuai aturan.

Mereka telah melakukan pendataan, memberikan surat pemberitahuan, dan bahkan melakukan pemeriksaan ke lokasi. Namun, jika tidak ada konfirmasi dari pemilik, akan diberikan surat teguran.

Pentingnya penegakan hukum juga menjadi sorotan. Sanksi pidana dan denda berlaku jika ketentuan dalam UU Bangunan Gedung jo. UU Cipta Kerja tidak dipatuhi. aktifitas di Saung Sabin. Sampai saat ini masih terus beroperasi

Kasus ini menjadi perhatian publik mengenai penegakan aturan terkait izin bangunan di sekitar wilayah sungai Detikzone.net akan terus memantau perkembangan operasi Saung Sabin.

Tinggalkan Balasan