Pemerintah

Gelar Audensi, Bupati Blitar Komitmen Optimalisasi Pelaksanaan Pembangunan Hutan 

×

Gelar Audensi, Bupati Blitar Komitmen Optimalisasi Pelaksanaan Pembangunan Hutan 

Sebarkan artikel ini
IMG 20240130 WA0306

BLITAR, Detikzone.net- Bupati Blitar Hj.Rini Syarifah mengelar Audensi dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pembangunan hutan di Kabupaten Blitar, Selasa (30/01/2024) di Pendopo Ronggo Hadinegoro.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur beserta jajaran, Asisten dan Kepala Perangkat Daerah terkait.

Sektor kehutanan mempunyai peran penting dalam meningkatkan perekonomian, menyerap tenaga kerja dan mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu, perlu adanya percepatan pelaksanaan pembangunan kehutanan di Kabupaten Blitar. Untuk mewujudkan percepatan tersebut dibutuhkan langkah-langkah konkret dan terarah, salah satunya melalui audiensi yang kita laksanakan ini.

“Audiensi pada hari ini bertujuan untuk membahas antara lain, Percepatan perhutanan sosial di wilayah Kabupaten Blitar. Dan diskusi pembangunan kehutanan, permasalahan dan program/kegiatan kehutanan lainnya di Kabupaten Blitar,” ucap Rini Syarifah.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di sekitar kawasan hutan adalah Perhutanan Sosial.

“Perhutanan Sosial merupakan pemberian akses legal pemanfaatan hutan yang diberikan kepada masyarakat melalui sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat kepada masyarakat setempat atau masyarakat hukum adat untuk meningkatkan kesejahteraannya, menjaga keseimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Adat dan Kemitraan,” jelasnya.

Di Kabupaten Blitar, perhutanan sosial baru mencapai 17.115,84 Ha, masih terdapat banyak hambatan/kendala dalam pelaksanaannya. Namun, Pemerintah Kabupaten Blitar berkomitmen siap mendukung percepatan perhutanan sosial, salah satunya dengan membentuk Tim Koordinasi dan Fasilitasi Pengelolaan Perhutanan Sosial Kabupaten Blitar pada tahun 2023.

“Tim ini perlu berkoordinasi secara intensif dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur dan stakeholder lainnya. Sinergi dan kolabarasi multisektoral diharapkan akan mempercepat pelaksanaan perhutanan sosial,” tuturnya.

Selain perhutanan sosial, masih banyak permasalahan-permasalahan kehutanan di Kabupaten Blitar yang harus segera dituntaskan, antara lain, Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) untuk Peningkatan Jalan Ruas Brongkos – Ngembul, Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) untuk Pembangunan Jalan PANSELA, Tukar Menukar Kawasan Hutan Maliran dan lain sebagainya.

“Harapan saya melalui Audiensi ini menjadi momentum yang baik untuk dapat duduk bersama, berdiskusi, mencari jalan keluar atas permasalahan-permasalahan tersebut, guna mendukung percepatan pembangunan dan penyelesaian masalah kehutanan di wilayah Kabupaten Blitar,” pungkas Bupati Blitar Rini Syarifah.

Penulis Basuki

Tinggalkan Balasan