Sosial Budaya

Camat Sangkapura Membuka MTQ Tingkat Kecamatan

×

Camat Sangkapura Membuka MTQ Tingkat Kecamatan

Sebarkan artikel ini
IMG 20240126 WA0108

Sangkapura, Detikzone.net – Camat Sangkapura, Umar Junid, S.Sos., M.M. membuka pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Sangkapura, di Pendopo Kecamatan Sangkapura. Kamis (25/01/2024).

Dalam sambutannya, Umar Junid menyampaikan, Pelaksanaan MTQ Kecamatan Sangkapura Kabupaten Gresik tahun 2024 merupakan ajang untuk mempersiapkan seleksi tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan tahun ini. Yang mana MtQ ini diikuti 15 Desa dari 17 Desa.

“Sengaja kami melaksanakan kegiatan diawal tahun agar peserta yang juara ditingkat kecamatan lebih siap dan lebih panjang persiapan dalam membina para peserta,” katanya .

IMG 20240126 WA0107

Selain itu, kegiatan MTQ juga bertujuan untuk menjaring qori-qoriah terbaik mulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, hingga Kota.

“Dengan adanya seleksi, diharapkan nantinya bisa didapat peserta terbaik yang akan mewakili Kecamatan ke tingkat Kabupaten,” paparnya.

Menurut Ustadz Moh. Yarmis, S.Pd. salah juri dalam MTQ tingkat Kecamatan menjelaskan bahwa ada lima cabang dan golongan yang dilombakan yakni,
Pertama cabang Tilawah yang meliputi; golongan Tartil, tilawah anak-anak, remaja dan dewasa.

Kedua cabang tahfid yang meliputi; golongan satu juz dan tilawah, lima juz dan tilawah, sepuluh juz, dua puluh juz dan tiga puluh juz. Yang ke tiga cabang MSQ ada lima kelompok. Dan yang ke empat cabang khot atau kaligrafi yang meliputi; golongan naskah putra-putri, dekorasi putra-putri dan hiasan mushaf putra-putri.

Kegiatan MTQ ini digelar selama satu hari, dimulai dari jam, 07.30 hingga 23.00 WIB. Dan jumlah peserta sebanyak 70 dari semua cabang dan golongan.

Tinggalkan Balasan