Pemerintah

BPBD Berikan Bantuan Korban Angin Puting Beliung di Saronggi dan Batuan

×

BPBD Berikan Bantuan Korban Angin Puting Beliung di Saronggi dan Batuan

Sebarkan artikel ini
e4adbbeadbba7f3f51bc1e1fcafd244ad7a32ad4

Sumenep, Detikzone.net- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyalurkan bantuan berupa sembako dan selimut kepada masyarakat di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi, dan Desa Patean, Kecamatan Batuan, yang rumahnya rusak akibat terjangan angin puting beliung.

Berdasarkan data di BPBD Kabupaten Sumenep, pukul 11.00 WIB, tidak ada korban jiwa namun terdapat 71 bangunan yang rusak akibat terjangan angin puting beliung, pada Selasa (09/01/2024) kemarin.

71 bangunan yang rusak itu, tersebar di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi sebanyak 61 bangunan terdiri dari 2 bangunan sekolah, 59 rumah warga. Kemudian 10 bangunan di Desa Patean, Kecamatan Batuan.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sumenep, Edy Suprayitno mengatakan, bantuan ini sifatnya sementara karena pendataan terhadap tingkat kerusakan bangunan masih berlangsung.

“Kami meminta Kepala Desa Nambakor dan Patean untuk merinci kerusakan tiap bangunan akibat bencana angin puting beliung ini,” ujarnya, Rabu (10/1/2024).

Hasil pendataan itu, kata Edy, akan di-assessment oleh BPBD untuk diberikan bantuan uang yang akan masuk ke rekening masing-masing korban, yakni berdasarkan besaran kerugian.

“Saat ini kami menunggu laporan resmi dari masing-masing kepala desa melalui camat terutama berkaitan dengan nominal. Dalam artian, bantuan kerugian kerusakan itu tidak sama antara warga yang satu dengan lainnya,” paparnya.

Tinggalkan Balasan