Hukrim

Tepis Isu Narkoba, Kalapas 1 Makassar : Berita Tidak Benar

×

Tepis Isu Narkoba, Kalapas 1 Makassar : Berita Tidak Benar

Sebarkan artikel ini
IMG 20240109 WA0172

Makassar, Detikzone.net – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) 1 Makassar, Teguh Pamuji, dengan tegas membantah isu yang beredar di media online terkait dugaan jaringan narkoba bebas komunikasi di Lapas tersebut. Ia menyatakan bahwa berita yang terbit tidak berdasar pada fakta dan hanya merupakan opini tanpa konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak Lapas.

“Isu yang beredar di salah satu media online itu tidak benar. Itu hanya opini tanpa mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada saya. Saya sangat menyayangkan kepada teman media yang telah menerbitkan berita tersebut tanpa sesuai dengan fakta. Ini dapat merugikan citra kami,” ujar Teguh Pamungkas.

Menurut Teguh, pihaknya telah melakukan penelusuran terkait nama yang disebutkan dalam berita tersebut di dalam Lapas 1 Makassar. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa informasi yang diwartakan tidak benar, dan Teguh menyayangkan kurangnya keberimbangan dalam pemberitaan.

“Kami sangat menghargai rekan-rekan media yang seharusnya menjadi mitra kami. Saya berharap agar rekan-rekan media lebih mengedepankan kode etik jurnalistik. Etika profesi wartawan sangat penting, selain dibatasi oleh ketentuan hukum seperti UU Pers No 40 Tahun 1999, juga harus berpegang teguh kepada kode etik,” tambah Teguh.

Teguh Pamuji menegaskan bahwa ada kekeliruan dalam pemberitaan terkait WhatsApp dan nama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang disebutkan dalam berita tersebut. Ia menyoroti bahwa dirinya baru menjabat di Lapas ini selama tiga bulan dan menjelaskan tentang upaya penertiban yang rutin dilakukan oleh pihak Lapas.

“Soal penertiban, kami rutin adakan sidak, bahkan pemusnahan barang hasil razia, dan rekan-rekan media pun sering hadir. Jadi, menurut saya, ini hanya keliru dalam penulisan berita,” ucap Teguh Pamuji mengakhiri pernyataannya.

Tinggalkan Balasan