Berita

Syafarahman Minta Tangkap Pungli PIP

×

Syafarahman Minta Tangkap Pungli PIP

Sebarkan artikel ini
20240104 091109 0000

Kubu Raya – Syafarahman Ketua Umum BP – TIPITER mengendus adanya pungli di SLTP Negri 2 Sungai Kakap,

Kabar beredar di masyarakat salah satu sekolah negeri memungut biaya ke siswanya Rp190 Ribu per siswa. 3 Januari 2024

Sebagaimana disampaikan oleh salah satu orang tua siswa SMPN 2 Sungai Kakap di Berembang Desa Sungai Rengas, yang tidak mau disebut namanya, bahwa itu benar adanya.

“Dana tersebut untuk pembangunan pagar dengan halaman parkir, Untuk Kursi dan Meja sekolah serta untuk material dan upah tukang,” katanya.

Bahkan ia sampaikan bahwa pembayarannya sampai bulan Februari 2024, ” Yang dapat PIP langsung dipotong Rp 190 ribu rupiah oleh pihak sekolah.” ucapnya.

Terkait ini Tim investigasi ke lapangan dan belum ada pihak sekolah maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya memberikan penjelasan.

Bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik usia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membantu biaya personal pendidikan.

Syafarahman Ketua Umum BP – TIPITER mengatakan bahwa “bantuan PIP itu berfungsi untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/rintisan wajib belajar 12 (dua belas) tahun;mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi; dan/ataumenarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah dan satuan pendidikan nonformal.

Peserta didik SD/SDLB/Paket A mendapatkan Rp. 450.000,-/tahun; khusus siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp. 225.000,-Peserta didik SMP/SMPLB/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun; khusus siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp. 375.000,-Peserta didik SMA/SMK/SMALB/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,/tahun; khusus siswa baru dan siswa kelas akhir mendapatkan Rp. 500.000,-

“Dana PIP ini untuk anak kurang mampu kenapa harus di potong untuk sekolah ini sudah melanggar undang undang, Pungli namanya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan