Pemerintah

Perubahan Musim, Petani  Cabai dan Bawang Merah Diharapkan Jaga Stok 

×

Perubahan Musim, Petani  Cabai dan Bawang Merah Diharapkan Jaga Stok 

Sebarkan artikel ini
9f4ad7eb627dded00288dd4d88c2269d396c33e1
Foto: Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Dadang Dedy Iskandar saat memberikan sosialisasi

Sumenep, Detikzone.net-  Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengimbau petani cabai dan bawang merah untuk menjaga stok.

Himbauan tersebut diberikan lantaran adanya perubahan musim yang berpotensi menyebabkan penurunan produksi.

“Kami mengimbau kepada petani untuk tetap menjaga stok cabai dan bawang merah. Apalagi, saat ini memasuki musim hujan,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Dadang Dedy Iskandar.

Dadang menyebut, stok cabai dan bawang merah di Kabupaten Sumenep masih aman untuk beberapa bulan ke depan. Namun, pihaknya tetap mengimbau kepada petani untuk menjaga stok agar tidak terjadi kelangkaan dan lonjakan harga.

“Harga cabai dan bawang merah memang masih tinggi, tapi stoknya masih aman. Bahkan, harga sudah mulai turun meski belum banyak,” kata Dadang.

Dadang juga menyarankan kepada petani agar dalam perubahan pola tanam, jangan semua lahan dialihkan ke tanaman padi, sebaiknya menyisakan beberapa petak untuk tanaman cabai dan bawang merah, agar stok selalu aman.

“Kami juga meminta kepada petani agar ketika panen jangan seluruh hasil panenan dibawa keluar Sumenep, namun berapa persennya dialokasikan untuk kebutuhan lokal,” pungkas Dadang.

Tinggalkan Balasan