Politik

Mastuki Ali Ketua DPC NasDem Sokobanah Sampang Tekankan Penyelenggara Pemilu Jaga Netralitas

×

Mastuki Ali Ketua DPC NasDem Sokobanah Sampang Tekankan Penyelenggara Pemilu Jaga Netralitas

Sebarkan artikel ini
IMG 20231221 WA0025

SAMPANG, Detikzone.net – Memasuki pemungutan suara yang kurang beberapa bulan lagi, terdengar isu bahwasanya pihak penyelenggara pemilu di kecamatan sokobanah terindikasi tidak netral. 21/12/2023.

Pesta lima tahunan ini akan dilaksanakan pada hari Rabu 14 Februari 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasional Demokrat,(Nasdem) Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Madura, Mastuki Ali meminta agar penyelenggara pemilu tahun 2024 untuk menjaga netralitas.

“Bukan hanya Kades, perangkat Desa dan ASN saja yang harus netral utamanya penyelenggara mulai dari tingkat bawah sampai ke pusat,” capnya

Menurut Mastuki, Netralitas penyelenggara Pemilu 2024 itu sudah tertuang pada Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (PDKPP) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu.

“Yang mana, penyelenggara Pemilu itu harus berintegritas, mandiri, jujur dan adil,” tuturnya.

Ia juga meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sampang, untuk terus mengawal dan mengawasi penyelenggara pemilu mulai dari tingkat TPS,Desa, kecamatan hingga kabupaten. Terangnya

“Agar netralitas pada pesta demokrasi di Pemilu 2024 benar-benar terjaga,” pintanya.

Mastuki berharap agar penyelenggara Pemilu tidak terlibat dalam politik praktis, maka Bawaslu dan jajaran dibawahnya yakni Panwascam, PKD harus benar-benar melakukan pengawasan terhadap penyelenggara pemilu, bukan hanya tahapan pemilu saja yang perlu diawasi tapi penyelenggaranya.

“Saya berharap semua berjalan sebagaimana mestinya, selaku penyelenggara pemilu tidak boleh berpolitik praktis itu tidak dibenarkan jadi harus benar-benar netral,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan