Kesehatan

Kasus HIV Semakin Meningkat, Dinkes P2KB Sumenep Ajak Penderita Rutin Berobat Gratis

×

Kasus HIV Semakin Meningkat, Dinkes P2KB Sumenep Ajak Penderita Rutin Berobat Gratis

Sebarkan artikel ini
005092300 1587711563 Tes HIV shutterstock 523216012
Foto: Ilustrasi

SUMENEP, Detikzone.net- Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep mencatat, pada tahun 2023 puluhan warga terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Data tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep Achmad Syamsuri, Senin (18/12/2023).

“Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep mencatat ada 60 warga menderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) di 2023 ini,” ungkap Achmad Syamsuri.

Dirinya menegaskan, kasus penderita HIV selama 2023 itu meningkat dibandingkan tahun 2022.

“Pada tahun 2022 hanya berjumlah 59 orang,” tegasnya.

Bahkan, menurut Achmad Syamsuni, angka kematian dari kasus HIV di Kabupaten Sumenep juga meningkat.

“Angka kematian penderita HIV pada tahun sebanyak 8 orang. Sedangkan 2023 ini terdata ada sebanyak 14 penderita HIV yang telah meninggal dunia,” tuturnya.

Kata eks Kapus Pandian ini, untuk penderita HIV itu tersebar di beberapa Kecamatan.

“Tidak hanya di daratan namun juga kepulauan,” katanya.

Kendati demikian, Achmad Syamsuri berpesan agar penderita HIV tetap mengikuti program pengobatan agar kesehatannya tetap terjaga dan jangan sampai putus harapan.

Walaupun saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan secara total penyakit yang menyerang kekebalan tubuh itu, akan tetapi pengobatan rutin harus terus dilakukan.

“Untuk itu penderita HIV harus rutin berobat. Gratis kok pengobatannya. Obat tersebut hanya untuk menjaga kesehatan penderita, bukan menyembuhkannya. Karena belum ada obatnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan