Pemerintah

180 Desa se-Kabupaten Sampang Ikuti Diklat Leadership  Kepemimpinan di Universitas Wijaya Putra

427
×

180 Desa se-Kabupaten Sampang Ikuti Diklat Leadership  Kepemimpinan di Universitas Wijaya Putra

Sebarkan artikel ini
IMG 20231126 WA0299

SAMPANG, Detikzone.net- Gelombang ke-4, 180 kades atau Pj. Kades Se-kabupaten Sampang ikuti diklat Leadersip Kepemimpinan di universitas Wijaya Putra, di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. 26/11/2023.

Diklat tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 24-26 Nuovember 2023 dan dibagi menjadi 4 gelombang yang dilaksanakan langsung di kampus C Universitas Wijaya Putra (UWP) yang terletak di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang yang bekerjasama dengan Universitas Wijaya Putra Gelar diklat leadersip kepemimpinan guna meningkatkan kapasitas, dan Sumberdaya Manusia (SDM) Dalam memimpin Desa.

“Diklat perilaku leadership kepemimpinan ini. Untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), tujuannya untuk penyelesaian konflik yang ada desa. Karena yang namanya konflik itu pasti ada,” kata Direktur UWP, Indra Prasetyo, S.P.,M.M.

Indra Prasetryo juga menuturkan bahwa diklat leadership kepemimpinan ini diselenggarakan sebanyak 4 gelombang.

“Diklat ini diselenggarakan sebanyak empat gelombang. Per gelombang itu diikui oleh 45 kepala Desa, sekarang ini adalah gelombang terakhir,” tuturnya.

Pihaknya juga menambahkan jika diklat kepemimpinan ini bisa diserap 30% itu sudah luar biasa.

“Jika diklat ini, ilmunya bisa diserap 30% saja dan diterapkan oleh Kepala Desa itu sudah luar biasa,” tambah Dr Indra Prasetyo, S.P.,M.M.

Ia berharap agar Desa-Desa di Sampang melalui DMPD bisa mengirimkan beberapa aparatur Desa-nya.

“Kami berharap agar Desa-Desa di Kabupaten Sampang melalui DPMD bisa mengirimkan Beberapa aparatur Desa-nya untuk mengikuti diklat leadership kepemimpinan Supaya Desa-Desa di Sampang ini menjadi Desa yang maju dalam segi Sumber Daya Manusia (SDM),” terangnya.

Sementara itu, Irham Nurdiyanto, Kepala Bidang Pemdes DPMD Sampang mengungkapkan bahwa perguruan tinggi adalah elemen penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kami harap semua perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta khususnya yang ada di wilayah jawa timur, juga bisa memberikan kontribusi positif untuk kemajuan desa di kabupaten sampang,” terang Irham.

Ia menyebut, yang memberikan materi diklat manajerial untuk kepala desa ialah Universitas Wijaya Putra.

“Yang memberikan materi diklat manajerial untuk kepala desa adalah perguruan tinggi Universitas Wijaya Putra. Tujuan dan harapannya sebagai pucuk pemimpin dan ujung tombak di desa mampu mengatur strategi dan manajerial kepada para aparatur desanya,” kata Irham.

Terakhir Irham menegaskan,  tujuan diadakan diklat supaya tugas pemerintahan berjalan efektif efisien sebagaimana ungkapan “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.

“Semoga kepala desa di Sampang harmonis dan kompak selalu serta mampu menjaga solidaritas, melayani masyarakat dengan prima, dan menjalin sinergitas yg erat dg aparatur desanya,” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan