Pemerintah

SiKapal Masuk Top Inovasi, Bupati Sumenep Terima Penghargaan Kemenpan RB

432
×

SiKapal Masuk Top Inovasi, Bupati Sumenep Terima Penghargaan Kemenpan RB

Sebarkan artikel ini
20231121 222515 0000
Foto: Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo bersama Kadiskominfo Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya memperlihatkakan Piala penghargaan yang diterimanya dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Sumenep, Detikzone.net-Masuk salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2023 se-Indonesia, program membanggakan Pemkab Sumenep yakni Sistem Informasi Keselamatan Pelayaran (SiKapal) kembali mendapat penghargaan.

Kali ini, penghargaan tersebut datang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI, dalam penyelenggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2023 diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo pada peresmian bersama MPP dan peluncuran JIPPNAS, di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

“Kami menciptakan SiKapal untuk memudahkan mendapatkan informasi dan identifikasi perahu atau kapal apabila terjadi kecelakaan laut, sehingga mempercepat penanganan kedaruratan laka laut untuk meminimalisir korban,” ujar Bupati.

“SiKapal adalah aplikasi keselamatan pelayaran yang pertama kali digunakan tingkat Kabupaten atau Kota,” tambahnya.

Sebagai ikhtiar sekaligus komitmen dalam memberikan perlindungan bagi para nelayan maupun kapal penumpang saat berlayar, Bupati berjanji untuk melakukan pengembangan program SiKapal melalui Dinas Komunikasi dan Informatika agar secara bertahap meningkatkan pelayanannya, diantaranya penambahan alat pendeteksi atau Automation Identification System (AIS) yang terpasang di perahu atau kapal.

“Sebagai langkah awal program itu, Diskominfo baru memasang alat pendeteksi atau AIS di puluhan perahu atau kapal milik masyarakat di Kecamatan Sapeken, dan sekitarnya dengan radius 60 mil, namun secara berkelanjutan terus mengembangkan jangkauan area,” ucapnya bangga.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya mengatakan, saat ini, alat deteksi atau AIS yang terpasang di perahu berjumlah 20 buah dan 2024.

Dengan tegas, Kadiskominfo Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya telah memprogramkan di APBD untuk menambah alat pendeteksi sebanyak 50 buah.

“Selain itu di 2024, kami juga meningkatkan jangkauan area ke seluruh wilayah kepulauan kecuali Kecamatan (Pulau) Masalembu pada tahun selanjutnya, bahkan siap untuk berintegrasi dengan Kabupaten atau Kota lainnya guna memantau,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan