Pemerintah

Bupati Sumenep: Prosesi Ritual Tatorbhengan Lestarikan Budaya Leluhur 

446
×

Bupati Sumenep: Prosesi Ritual Tatorbhengan Lestarikan Budaya Leluhur 

Sebarkan artikel ini
20230909 142246 0000

Sumenep, Detikzone.net- Sebagai wujud menjaga salah warisan tradisi leluhur, Pemerintah Desa Torbang Kecamatan Batuan mengadakan Ritual Tatorbhengan.

Dalam prosesi yang kental dengan nuansa budaya ini, masyarakat dari berbagai dusun di Desa Torbang berkumpul dan membawa hasil bumi mereka ke balai desa setempat.

Selanjutnya Kepala Desa Torbang, Muzanni bersama perangkat desa dan para kepala dusun menyerahkan hasil pertanian kepada “Raja” atau Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo.

Masyarakat menyerahkan hasil pertanian itu, sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian masyarakat kepada pemerintah, serta ungkapan syukur atas hasil bumi yang mereka nikmati sepanjang tahun.

Sementara itu, puncak prosesi ritual Tatorbehangan ditandai dengan penyerahan Pataka oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo kepada Kepala Desa Torbang Muzanni yang dilanjutkan pelepasan ratusan burung merpati.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep mengapresiasi, karena acara ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kesadaran, guna merawat dan melestarikan  nilai-nilai tradisi atau budaya warisan leluhur,” kata Bupati di sela-sela prosesi ritual Tatorbhengan, Jum’at (08/09/2023).

Ia berpesan, Pemerintahan desa dan masyarakat desa setempat, menjaga kerukunan dan kebersamaan dalam rangka melestarikan warisan budaya leluhur, mengingat di era saat ini, perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk merawat seni dan budaya lokal.

“Kami mengharapkan Prosesi Ritual Tatorbhengan tidak hanya dilaksanakan pada tahun ini saja, melainkan menjadi agenda tahunan pemerintah desa, karena tidak sebatas merawat seni dan budaya semata, namun juga berefek pada sektor ekonomi kerakyatan,” pungkas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Sekedar diketahui, Pemerintah Desa Torbang selain melangsungkan Prosesi Ritual Tatorbhengan, juga mengagendakan Pawai Budaya Torbang Kontemporer yang dilaksanakan pada Sabtu (09/09/2023) siang.

Tinggalkan Balasan