Pemerintah

Sekda Sumenep Buka Sosialisasi Aplikasi Srikandi

423
×

Sekda Sumenep Buka Sosialisasi Aplikasi Srikandi

Sebarkan artikel ini
20230516 211356 0000

Sumenep, Detikzone.net- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, mengadakan sosialisasi pelaksanaan aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) .

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Rasiyadi, M.Si di kantor Bupati.

Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) merupakan instrumen pengelolaan arsip dinamis yang berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online yang bisa mengefisiensikan penggunaan ATK.

“Pemerintah Daerah berikhtiar menerapkan aplikasi Srikandi dalam urusan surat menyurat secara online atau surat elektronik, sebagai langkah mewujudkan keseragaman dan keterpaduan pengelolaan kearsipan dinamis berbasis elektronik,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edi Rasiyadi, M.Si.

Menurut Sekda, Aplikasi Srikandi tentu saja mempercepat proses pengurusan surat dan pengambilan kebijakan, serta memudahkan dalam penandatanganan surat keluar maupun surat masuk yang memerlukan disposisi dari pimpinan.

“Dengan aplikasi Srikandi dokumen dalam bentuk digital tentu dampaknya tidak membutuhkan tempat dan ruang penyimpanan arsip yang besar, karena file-nya sudah tersimpan pada server nasional,” tuturnya. Selasa (16/05/2023).

Sekda menekankan ASN Pemkab bisa meningkatkan SDM untuk menguasai Teknologi digital sehingga bisa menyukseskan penerapan aplikasi Srikandi di setiap perangkat daerah.

“Seiring cepatnya perkembangan teknologi informasi, para ASN tidak boleh gagap teknologi, namun harus mampu menggunakannya di setiap aktivitas penyelenggaraan pemerintahan pada instansi masing-masing,” tuturnya.

Sekda juga mengharapkan, instansi terkait untuk menyediakan ketersediaan sarana dan prasarana.

“Seperti jaringan internet demi kelancaran aktivitas surat menyurat elektronik agar berjalan dengan baik,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya menambahkan, aplikasi Srikandi dalam rangka pelayanan administrasi pemerintahan di bidang kearsipan dinamis, berkualitas dan terpecaya.

“Sehingga di era teknologi bisa bekerja di mana saja,” tambahnya.

Ferdiansyah juga merencanakan penerapan aplikasi ini tidak hanya di perangkat daerah seperti OPD dan Kecamatan saja, melainkan juga hingga ke tingkat Pemerintahan Desa.

“Karena hal ini merupakan salah satu program Bupati untuk penguatan digitalisasi 2023,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan