Nasional

Ramadhan Fair Resmi Dibuka Gubernur Kalsel, Untuk doa Dibacakan Kakanwil Kamenag Kalsel

786
×

Ramadhan Fair Resmi Dibuka Gubernur Kalsel, Untuk doa Dibacakan Kakanwil Kamenag Kalsel

Sebarkan artikel ini
20230324 114802 0000

Banjarmasin, Detikzone.net-Meskipun diiringi hujan lebat namun tidaklah menjadi rintangan bagi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor saat meresmikan Ramadhon Fair Pasar Wadai Ramadhan 1444 Hijriah  di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel atau kawasan 0 Kilometer Banjarmasin pada Kamis (23/3) sore.

Gubernur Kalsel atau akrab dipanggil Paman Birin didampingi istri Hj Raudatul Jannah dan tampak hadir Forpimda provinsi H. Sopyan HK, Ketua DPRD Kalsel, H.Muhammad Tambrin, Kakanwil Kamenag Kalsel, Danrem 101 Antasari, Kapolda Kalsel, Kadis Koperasi dan UMKM Kalsel Karo Humas provinsi dan rombongan .

Pembukaan pasar wadai dimulai dengan laporan panitia pelaksana sekaligus Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai.

Dalam sambutannya disebutkan, terdapat 105 stand dan semua terpenuhi (terisi) dengan aneka produk kue, makanan, minuman, jajaran khas Banjar, ditambah stan khusus oleh koperasi untuk pengendalian inflasi yang menjual gula, telinga telur, dan bahan pokok lainnya dengan harga murah.

“Ini semua adalah Inisiatif Bapak Gubernur untuk penyediaan stand pasar wadai secara gratis, tidak ada pungutan stand,” kata Yanuar.

Area pasar wadai yang tahun ini berlokasi di halaman eks Kantor Gubernur atau kawasan 0 kilometer tersebut juga diisi dengan hiburan yang dipersembahkan UPTD Taman Budaya Kalsel sebulan penuh selama Ramadhan.

20230324 114739 0000
Foto: Ketua DPRD KALSEL H. Supyan.HK

Gubernur Kalimantan selatan yang akrab disapa Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, Pasar Ramadhan 1444 Hijriah ini, tentunya sangat ditunggu-tunggu masyarakat Kota Banjarmasin dan sekitarnya, setelah kegiatan serupa terbatasi pada ramadhan sebelumnya karena kondisi pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

“Pasar Ramadan ini, menyediakan aneka makanan khas Banjar yang jarang bisa dinikmati di bulan-bulan lainnya. Sehingga wajar bila masyarakat nampak antusias mendatangi area ini. Penyediaan stan pasar Ramadhan gratis, bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Masyarakat  sangat antusias mendatangi stand-stand yang digelar sepanjang Jalan Sudirman itu. Kendati kondisi cuaca masih mendung dan gerimis karena hujan cukup lebat  sebelum pembukaan pasar wadai oleh gubernur.

Sementara, untuk pembacakan doa agar mendapat keberkahan dari Alloh SWT yakni langsung Dr.H. Muhammad Thamrin MM,MPd Kakanwil Kamenag propinsi Kalimantan selatan.

 

20230324 114823 0000
Foto: H. Muhammad Tambrin, Kakanwil Kamenag Kalsel

Disudut samping kiri, Kadin Kalsel melalui Koperasi Harum manis, juga punya stand tersendiri menjual 9 macam bahan pokok dengan harga relatif dibawah harga pasaran seperti sarden dijual dengan harga 6 ribu rupiah, gula pasir dijual dengan harga 13 ribu, sedangkan untuk susu beruang dijual dengan harga Rp 7500 perkaleng.

Hal ini dikemukakan oleh H.Atauhudin yang juga menjabat sebagai wakil ketua umum Kadin Kalsel pada awak media ini.

Tinggalkan Balasan