Nasional

Kakanwil Kemenag Kalsel Ajak Ormas dan Kepemudaan Islam Sukseskan Moderasi Beragama

645
×

Kakanwil Kemenag Kalsel Ajak Ormas dan Kepemudaan Islam Sukseskan Moderasi Beragama

Sebarkan artikel ini
20230311 100130 0000

Banjarmasin, Detikzone.net-Kepala Kanwil (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel Dr. H. Muhammad Tambrin, M.M.Pd mengajak kepada Organisasi Massa Islam dan Kepemudaan Islam di Kalsel agar dapat berkolaborasi dalam mensukseskan Moderasi Beragama di Banua Kalsel.

“Moderasi Beragama merupakan salah satu program yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024,” kata Tambrin saat menyampaikan sambutannya saat Dialog Organisasi Massa Islam dan Kepemudaan Islam Tahun 2023 di Hotel Aria Barito Banjarmasin pada hari Kamis (9/3/2023).

Menurut Tambrin, Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Ormas Islam terdapat hal-hal yang menjadi pertimbangan utama antara lain membuat akses seluas mungkin dalam membangun kerjasama dan hubungan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan (steak holder).

“Khususnya kemitraan dengan Kemenag dengan tujuan agar masyarakat Islam mau mempelajari agama, memahaminya dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, dalam kerangka inilah letak pentingnya peranan Kemenag dalam mengawal Organisasi Kemasyarakatan yang bersifat Keagamaan,” ujarnya.

20230311 100049 0000 1

Tambrin mengungkapkan, ormas sejatinya didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila.

“Demikian juga dengan keberadaan ormas Islam yang sejatinya dimaksudkan untuk memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara,” ungkap Tamrin.

Oleh karenanya, pihaknya menyambut baik atas pelaksanaan dialog ormas Islam dan Kepemudaan Islam, yang dilaksanakan oleh Bidang Urusan Agama Islam (Urais) dan Binsyar Kanwil Kemenag Kalsel tersebut.

“Semoga kegiatan ini mendatangkan manfaat dan maslahat untuk kemajuan Ormas Islam dan Organisasi Kepemudaan Islam di Banua Kalsel,” harapnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari Ormas Islam dan Ormas Kepemudaan Islam utusan dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Kalsel tersebut berlangsung dari tanggal 09 s.d 10 Maret 2023.

Tinggalkan Balasan