Kades Kebunagung Minta Semua OPD Kabupaten Sumenep Support Program Desa Mandiri

20230130 105320 0000

Sumenep, Detikzone.net- Sukses menyabet Penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) atas komitmen dan kerja keras dalam mewujudkan desa yang dipimpinnya menjadi desa Mandiri, Kepala Desa Kebunagung, Bustanol Affa, S.Sos menghadiri upaya penyerahan Piagam penghargaan dan penyematan Lencana Desa Mandiri yang dipimpin Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi di halaman Pemkab setempat Senin, 30/01/2023.

Kepala Desa Kebunagung, Bustanol Affa, S.Sos, mengucapkan puji syukurnya atas keberhasilan desa Kebunagung menyandang predikat sebagai desa Mandiri.

“Saya secara pribadi sebagai kepala desa Kebunagung dan atas nama Pemerintah desa Kebunagung menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi yang telah menyampaikan amanah dari kementerian desa untuk menyerahkan piagam penghargaan dan Lencana desa Mandiri kepada para Kades. Alhamdulillah, saat ini desa Kebunagung telah disematkan sebagai desa Mandiri oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)  RI ,” kata Kades Bustanul Affa, S.Sos, usai menerima penghargaan. Senin, 30/01, pagi.

Bahkan, Kades Kabunagung memuji kepemimpinan Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H yang telah melakukan transformasi Birokrasi hingga menekankan semua Kepala Desa untuk menggali potensi  desa dan berinovasi.

“Oleh sebab itu, demi menguatkan komitmen membangun daerah, kami berharap kepada semua OPD yang ada di Kabupaten Sumenep agar mensupport desa yang sudah mendapatkan predikat desa Mandiri, salah satunya desa Kebunagung. Karena kalau kita hanya mengandalkan dana APBDes tidak akan cukup,” harapnya.

Suami Nurlailah ini tidak sungkan menyampaikan atensinya agar instansi terkait dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sumenep bisa memberikan program sehingga bisa menunjang sesuatu perencanaan yang tidak bisa dianggarkan di dana APBDes.

“Ayo bangun Kabupaten Sumenep ini melalui desa. Oleh karenanya, kami memerlukan dukungan yang nyata,” pintanya.

Apalagi, lanjut Kades Tano, desa  Kebunagung menargetkan desa Wisata bahkan saat ini masih dalam proses.

“Sebentar lagi ada kunjungan Menteri Keuangan untuk meninjau progres perkembangan Wisata Air, Wisata Goa Jeruk, Wisata Alam dan Outbound serta Bumi Perkemahan,” lanjutnya.

Bustanol Affa memastikan, desa yang dipimpinnya tidak akan berhenti berinovasi.

‘Karang Taruna Kebunagung,  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Generasi Muda Kreatif (Gemuk) Kebunagung  akan terus melakukan  inovasi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bustanol Affa, S.Sos. Senin, 30/01/2023.

20230130 095611 0000
Foto: Kades Kebunagung, Bustanul Affa, S.Sos (kiri) Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H (kanan)

Saudara kandung pengacara kondang Kamarullah S.H ini menyebut,
Penghargaan resmi dari Kemendes RI meberikan loncatan motivasi karena diraih bukan hasil bimsalabim namun dari jerih payah dan kerja keras.

“Perjuangan selama 3 tahun sejak  dipercaya mengemban amanah memimpin desa tidaklah mudah, karena sebelumnya desa Kebunagung adalah desa tertinggal. Tapi, Alhamdulillah, semenjak saya menjabat tahun 2020, desa ini menjadi berkembang dan pada tahun 2021 naik status desa Maju, hingga akhirnya pada tahun 2022 menjadi Desa Mandiri,” ucap Suami Nurlailah ini.

Sekedar diketahui, Selain desa Kabunagung, 6 desa inovatif  lainnya yakni desa Paberasan, Kolor, Pamolokan, Lobuk, Lenteng Timur, dan desa Karduluk, juga menerima piagam penghargaan dan penyematan Lencana Desa Mandiri.

Berikut sederet penghargaan desa Kebunagung selama kepemimpinan Kades Bustanol Affa, S.Sos.

1. Juara 1 Lomdeskel dn 10 Program Pokok PKK tingkat Kecamatan Kota.

2. Juara 1 Lomdeskel dan 10 Program Pokok PKK tingkat Kabupaten dan mewakili Kabupaten Sumenep di tingkat Povinsi tahun 2023.

3. Juara 1 Lomba Kampung Pancasila Tingkat Kecamatan Kota.

4. Juara 1 Lomba Kampung Pancasila se- Kabupaten.

5. Juara 2 lomba Kampung Lancasila tingkat Korem 084/Baskarajaya dan
Masih mewakili Kabupaten Sumenep dan Korem 084 ke tingkat KODAM di Tahun 2023 ini.

Tinggalkan Balasan