Tinjau Ruas Jalan Maron-Pekalen, Wabup Probolinggo: Jalan Rusak Jadi Atensi Kami

IMG 20221226 154603

MARON, Detikzone.net– Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko memantau secara langsung proses pemeliharaan berkala ruas jalan Maron-Pekalen, Minggu (25/12/2022) malam.

Pemeliharaan ruas jalan ini merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dalam mewujudkan kondisi jalan mantap dan berkeselamatan di Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Timbul melihat dari dekat proses pemeliharaan ruas jalan Maron-Pekalen. Bahkan turut serta mengecek ketinggian jalan untuk memastikan kualitas penanganan ruas jalan di Kabupaten Probolinggo.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa sebenarnya semua ruas jalan yang rusak di Kabupaten Probolinggo menjadi prioritas untuk diperbaiki. Hanya saja masih menunggu giliran saja.

“Fokus dari perbaikan ruas jalan ini kepada kualitas dan kilometer. Kita sudah menekankan kepada para pemborong dan OPD agar kualitas harus terus dijaga. Supaya nanti tahun berikutnya bisa giliran ke daerah yang lain,” katanya.

Sementara Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra mengungkapkan pemeliharaan berkala ruas jalan Maron-Pekalen ini menggunakan anggaran APBD Kabupaten Probolinggo senilai Rp 723.387.200.

“Pemeliharaan berkala ruas jalan Maron-Pekalen sepanjang 2.100 meter dengan jenis penanganan berupa aspal hotmix sepanjang 575 meter dengan lebar 5 meter. Sementara sisanya dilakukan penanganan lapen,” ujarnya.

Selain itu, jelas Hengki, pihaknya juga melakukan normalisasi saluran sepanjang 260 meter serta pengerjaan grill dengan panjang 8 meter. Yakni, saluran yang memotong jalan ditutup besi.

“Harapan kami masyarakat juga ikut menjaga keawetan umur jalan dengan melihat kelas jalan. Sebab kalau kita terlalu memaksakan dengan muatan yang berat, otomatis umur jalan juga tidak akan tercapai. Tentunya masyarakat umum yang akan mengalami kerugian terkait dengan kerusakan jalan tersebut,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan