Rutan Kelas IIB Sumenep Gelar Razia dan Tes Urine, Plh Karutan Pastikan WBP Negatif Psikotropika

IMG 20221223 WA0088
Foto: PLH Teguh Doni Efendy, S.H., M.M saat memimpin Press Release di Rutan Kelas IIB Sumenep.

SUMENEP, Detikzone.net- Usai menggelar Apel Siaga persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar kegiatan Razia dan Penggeledahan Kamar Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP) dan Test Urine. Jumat, 23/12/2022.

Kegiatan yang dipimpin langsung PLH Karutan Sumenep, Teguh Doni Effendy S.H., M.H tersebut dimulai pada pukul 09.00, pagi untuk mencegah dan meminimalisir keberadaan benda/barang terlarang di dalam kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Plh Karutan Sumenep, Teguh Doni Efendy, S.H., M.M mengatakan giat tersebut dalam rangka mengimplementasikan peraturan menteri hukum dan HAM RI tahun 2015 dalam upaya melakukan kegiatan antisipasi dini .

“Berdasarkan hasil penggeledahan di Blok A Blok B dan Blok perempuan yang baru saja digelar bersama tim sinergitas, baik dari PM maupun dari Kodim 0827 Sumenep Alhamdulillah berjalan lancar, aman dan Kondusif dan tidak ada barang yang mencurigakan termasuk HP dan Narkoba. Bahkan semua warga binaan aman dari peredaran barang haram Narkotika setelah dilakukan test urin,” kata Teguh Doni Efendy, S.H., M.H.

Baca Juga Rutan Kelas IIB Sumenep Gelar Apel Siaga Pengamanan Jelang Nataru

Dalam giat tersebut, pihaknya bersama tim gabungan tidak menemukan barang yang sangat fatal di dalam kamar hunian WBP.

“Dalam giat gabungan hanya ditemukan beberapa sendok, gelas dan kaleng. Sebelumnya, kami sudah memberikan himbauan di pos penjagaan kepada keluarga warga binaan saat pengiriman nasi maupun barang agar tidak mengirim sendok ataupun gelas dan kaleng karena sudah difasilitasi oleh kantin,” beber Teguh Doni kepada wartawan saat press release.

IMG 20221223 WA0087
Foto: Penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Sumenep.

Doni Teguh menambahkan, giat test urine yang dilakukan tersebut menyasar kepada 6 orang yang dicurigai dari 379 WBK yang ada di Rutan Kelas IIB Sumenep

“Namun setelah dilakukan pemeriksaan dan test urine, keenam warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tersebut aman dari barang haram narkotika,” terang PLH Teguh Doni Efendy.

Menurutnya, yang menjadi atensi penggeledahan tersebut yakni kamar Hunian 5, kamar hunian 9, 11 dan blok perempuan .

“Alhamdulillah tidak satupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)  yang positif psikotropika, semuanya negatif,” tandasnya.

Tak lupa, Teguh Doni Efendy, S.H., M.M menyampaikan terima kasihnya kepada PM, unsur TNI-Polri yang sudah menjalin Sinergitas dengan Rutan Kelas IIB Sumenep.

“Saya menyampaikan terima kasih petugas yang sudah bersinergi dengan Rutan Kelas IIB Sumenep, termasuk PM, TNI-Polri yang sudah melakukan pengecekan dan kontrol pada setiap malam di dalam Lapas sehingga keadaan aman dan kondusif,” pungks PLH Karutan Sumenep, Teguh Doni Efendy, S.H., M.M

 

Tinggalkan Balasan