Wabup Sumenep Dorong Produk Kuliner UMKM Bersertifikat Halal

20221221 152435 0000

SUMENEP, Detikzone.net-Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menginginkan para pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner agar memiliki sertifikat halal.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah saat Sosialisasi pentingnya sertifikasi halal dan Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Halal bagi UMKM, di Hotel C1, Selasa (20/12/2022).

“Sertifikat halal itu bermanfaat bagi pelaku UMKM bidang kuliner, di antaranya produk yang dijual merupakan produk berkualitas,” ujar Wabup. Selasa (20/12/2022).

Menurutnya, Pelaku UMKM kuliner yang memiliki sertifikat halal, tentu saja melalui serangkaian proses kendali mutu yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

“Produk yang memiliki sertifikat halal jelas meningkatkan kepercayaan konsumen khususnya konsumen muslim, karena keterangan halal atau tidak menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli suatu produk kuliner,” tuturnya.

Produk kuliner UMKM bersertifikat halal, kata Wabup sangat berefek positif pada pemasaran yang jangkauannya lebih luas hingga ke luar daerah, bahkan ke luar negeri.

“Produk pelaku UMKM ini bisa terpercaya halal dan kualitasnya apabila mengantongi sertifikat halal untuk dipasarkan di negara atau wilayah yang mayoritas penduduknya muslim,” terang Wakil Bupati.

Ia mengungkapkan, data jumlah UMKM di Kabupaten Sumenep dari berbagai sektor usaha, mulai olahan makanan dan minuman sampai aksesoris yang usahanya dari rumah industri sampai Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) sebanyak 24.474.

“Angka pelaku UMKM dan PKL itu didominasi oleh sektor kuliner berupa makanan dan minuman sebesar 80 persen,” pungkasnya.

Pada sisi lain, Wakil Bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Provinsi Jawa Timur, Pusat Kajian Halal ITS Surabaya dan Bank BPRS Bhakti Sumekar yang telah berkolaborasi untuk menyelenggarakan sosialisasi Pentingnya Sertifikasi Halal dan Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Halal bagi UMKM.

“Mudah-mudahan kegiatan ini, berjalan dengan lancar dan sukses serta bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan