TP PKK Kabupaten Sumenep Adakan Gerakan Ibu Hamil Sehat

20221222 181526 0000

SUMENEP, Detikzone.net-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mengadakan Gerakan Nasional Bumil Sehat di Pendopo Kecamatan Gapura, Rabu (21/12/2022).

Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Nia Kurnia Fauzi mengatakan, poin penting dalam pelaksanaan program tersebut untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan bagi ibu hamil (bumil).

“Kami mendorong para ibu hamil agar menjaga kondisinya tetap sehat sampai melahirkan dengan normal, sehingga bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Nia Kurnia Fauzi. Rabu (21/12/2022).

Menurut istri Bupati Sumenep ini, Ibu hamil perlu menjaga kesehatan, karena masih banyak yang tidak perhatian terhadap kondisi kesehatan diri ataupun pada janin kandungannya, yang menyebabkan tingginya kasus stunting dan kematian ibu hamil saat melahirkan.

“Para ibu hamil penting menjaga kesehatan mulai dari kondisi fisik maupun psikologis, supaya melahirkan anak sehat,” ucapnya

Oleh sebab itu, wanita muslimah ini berharap agar pengurus PKK Kecamatan hingga desa bisa meningkatkan  berkolaborasi dengan istansi terkait untuk berpartisipasi aktif dalam menyosialisasikan gerakan bumil sehat ini.

“Kami mengharapkan para pengurus TP-PKK di Kabupaten Sumenep harus ikut memberi perhatian khusus, seperti kegiatan apa saja yang boleh dilakukan atau tidak selama hamil, termasuk memberikan pendampingan dan pencerahan untuk kesehatannya. Baik menyangkut keselamatan ibu dan anak dalam rahim,” ungkapnya.

Diketahui, Gerakan Nasional Ibu Hamil Sehat, digagas pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan bersama lintas sektor, dimulai sejak 16 sampai 22 Desember 2022 yang bertepatan dengan Hari Ibu.

“Tentunya, Gerakan ini menyasar kepada ibu hamil melalui aktivitas gerakan pemeriksaan ibu hamil minimal 6 kali selama kehamilan termasuk 2 kali dengan dokter dan USG, semarak kelas ibu hamil dengan giat makan bersama, minum tablet tambah darah dan dukungan keluarga, serta apresiasi dan dukungan bumil sehat,” terangnya.

Ia berharap Gerakan Nasional Ibu Hamil bisa memberikan banyak manfaat dan pengetahuan kepada kaum ibu.

“Semoga, gerakan nasional ibu hamil sehat bisa meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana pentingnya menerapkan pola hidup sehat, pola makan sehat, dan terpenuhinya gizi seimbang, tentunya dalam rangka menjadikan ibu hamil dan bayi yang dikandung sehat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan