Bupati Sampang Buka Festival Batu Akik

IMG 20221218 124243

SAMPANG, Detikzone.net- Bupati Sampang H. Slamet Junaidi membuka Festival Batu Akik dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 399 di Aula PKPRI Trunojoyo.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Ketua DPRD Sampang H. Fadol, Perwakilan Forkopimda Sampang, Ketua Komunitas Pecinta Batu Akik Sampang.

Ketua Panitia H. Fadol menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan mendapat kesan positif terhadap Kabupaten Sampang.

Event yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 399 bertemakan single fighter yang artinya satu nama maksimal daftar 150 batu.

Adapun peserta pameran sebanyak 42 dan peserta kontes 30 orang per hari dari berbagai daerah di Indonesia.

“Selamat mengikuti kontes, semoga selama pelaksanaan kegiatan dapat berjalan lancar, aman dan kondusif,” harapnya. Sabtu (17/12/2022).

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengungkapkan bahwasanya adalah sebuah kehormatan menjadi tuan rumah untuk Pameran dan Kontes Batu Akik dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami ingin Sampang dikenal di kancah Nasional, membranding Kabupaten Sampang supaya dikenal dengan hal positifnya,” ungkapnya.

Selain diselenggarakan sebagai rangkaian event Hari Jadi ke 399 Kabupaten Sampang, Festival Akik sebagai sarana mewadahi hobi terhadap batu akik untuk melestarikan salah satu khazanah budaya.

“Batu akik hendaknya dimaknai sebagai salah satu representasi dari unsur kebudayaan fisik sehingga hobi tersebut dapat dilestarikan dan diwariskan ke generasi mendatang,” ujarnya.

Di samping itu, event tersebut juga menjadi ajang untuk mendukung keberlangsungan kerajinan batu akik sebagai salah satu hobi yang bernilai ekonomi.

Sebab tak sedikit perputaran uang di dalam bisnis batu akik sehingga dengan menjadi tuan rumah, Kabupaten Sampang akan dikenal semakin luas dan akan ada multiplayer effect terhadap berbagai sektor seperti kunjungan wisatawan

 

Tinggalkan Balasan