Rangkaian Peluncuran Kalender Wisata, Ratusan Pelaku UMKM Meriahkan Senam Pagi

20221217 120613 0000

SUMENEP, Detikzone.net-  Ratusan pelaku UMKM dan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) memeriahkan senam pagi yang merupakan rangkaian peluncuran Kalender Wisata 2023.

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan PKL menyajikan berbagai jenis kuliner makanan dan minuman khas lokal Kabupaten Sumenep.

Jenis kuliner itu di antaranya korket, apen, pattola, mento, kocor, soto ayam, campor, urap-urap, kaldu, dan pokak.

“Kami melibatkan UMKM dan PKL setiap kegiatan kalender wisata 2023 dan acara lainnya, untuk menggerakkan sektor ekonomi masyarakat,” kata Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi di sela-sela senam pagi, di depan Keraton Sumenep, Sabtu (17/12/2022).

Keberadaan pelaku UMKM dan PKL di Kalender Wisata ini, tidak hanya sekedar promosi destinasi wisata saja untuk mengangkat kuliner khas lokal masyarakat ke luar daerah.

Apalagi perkembangan pelaku usaha ini, cukup pesat dengan berbagai jenis usaha olahan.

“Kami menargetkan kegiatan sektor pariwisata berefek positif kepada roda perekonomian masyarakat baik UMKM, PKL termasuk usaha lain, seperti rumah makan dan perhotelan,” tuturnya.

Bupati mengharapkan, para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk agar mampu berdaya saing di pasar.

“Pelaku UMKM harus benar-benar memperhatikan kualitas produk usahanya, sehingga pemasarannya menjangkau luar daerah,” terangnya.

Bupati bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setelah mengikuti senam pagi, meninjau pasar UMKM dan PKL di areal lokasi kegiatan.

“Berdasarkan data panitia penyelenggara, UMKM yang berjualan sebanyak 116 orang dengan menggunakan 64 tenda, sementara PKL sebanyak 110 orang,” pungkas Bupati Ra Achmad Fauzi.

Sekedar diketahui rangkaian peluncuran Kalender Wisata 2023 berlangsung mulai pukul 06.00 hingga 23.00 WIB.

Tinggalkan Balasan