Dapat Tambahan Alokasi Pupuk 458 Ton, DKPP Sumenep Siap Support Petani

IMG 20221217 113432

SUMENEP, Detikzone.net- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep sukses mendapatkan tambahan ratusan ton pupuk bersubsidi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto mengatakan, Bupati Ra Achmad Fauzi meminta instansinya untuk mengajukan penambahan pupuk bersubsidi, guna memenuhi kebutuhan petani.

“Hasilnya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur menyetujui keinginan penambahan alokasi pupuk bersubsidi untuk jenis Urea sebanyak 458 ton,” kata Arif Firmanto.

Pupuk tersebut, kata Arif, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani dalam waktu 15 hari

“Alokasi penambahan pupuk bersubsidi jenis Urea ini merupakan salah satu bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kebutuhan petani, karena bisa mencukupi kebutuhan pupuk untuk tanaman dalam waktu 15 hari ke depan,” katanya. Kamis (15/12/2022).

Untuk memastikan penyaluran/distribusi penambahan alokasi pupuk bersubsidi jenis Urea sampai ke petani, pihaknya tengah berkoordinasi dengan distributor, Dinas Koperasi UKM dan Perindag Sumenep serta Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang tersebar di setiap Kecamatan.

Hal itu dilakukan demi mengimplementasikan  amanat  Permendag Nomor 15 Tahun 2013 untuk melakukan pengawasan, sehingga pupuk itu terdistribusi kepada petani yang telah terdaftar dalam e-RDKK.

“Kami jelas melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memantau dan mengawasi pendistribusian tambahan alokasi pupuk bersubsidi ini, supaya dapat segera terdistribusi pada masa tanam akhir tahun ini,” tuturnya.

Kadis visioner ini berharap, tambahan alokasi pupuk bersubsidi jenis Urea sebanyak 458 ton dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui melalui instansinya bisa mendorong petani untuk menyukseskan panennya.

“Mudah-mudahan penambahan pupuk bersubsidi Urea yang terealisasi hari ini Kamis (15/12/2022) dapat meningkatkan hasil panen petani, sehingga berdampak positif kepada pendapatannya,” pungkas Arif Firmanto

Tinggalkan Balasan