Lantik Pengurus FKUB  Periode 2022-2027, Bupati Fauzi Ajak Wujudkan Kerukunan Umat

20221214 200836 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H resmi melantik Pengurus FKUB  periode 2022-2027. Rabu (14/12/2022).

Bupati Achmad Fauzi mengatakan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumenep mempunyai peran strategis untuk ikut berperan aktif menciptakan kerukunan antar umat beragama .

“FKUB itu mempunyai peran sosialisasi, promosi, advokasi, dan konsultasi dalam menjalani peran dan fungsinya guna merawat kerukunan antar umat beragama, sehingga tidak terjadi konflik di Kabupaten Sumenep,” katanya.

Bahkan, Bupati meminta semua pengurus FKUB agar menjalin sinergitas dengan seluruh elemen di Kabapaten Sumenep, sehingga keberadaannya berperan aktif  membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat berlandaskan Ketuhanan yang maha Esa.

“FKUB harus memberikan pemahaman dan pengertian tentang bagaimana pentingnya cinta damai, saling menghormati dan menghargai perbedaan satu kelompok dengan yang lainnya, supaya Kabupaten Sumenep tetap aman dan nyaman,” tuturnya.

Dengan tegas, Suami Nia Kurnia ini menyatakan, sejak dulu, masyarakat di desa Pabean, Kabupaten Sumenep terkenal ramah, santun, dan rukun dan mengedepankan toleransi beragama.

“Desa itu dikenal dengan sebutan kampung toleransi, karena meskipun rumah ibadah tiga agama berdekatan, namun masyarakat tidak ada konflik saat menjalankan ibadah,” terangnya.

Kendati demikian, FKUB diminta harus tetap waspada serta saling mengingatkan, mengingat akhir-akhir ini ada kasus yang sengaja ingin menciptakan resistensi konflik, utamanya terkait kerukunan antar umat beragama dengan mengajarkan paham-paham intoleran dan radikal.

“Seluruh elemen masyarakat agar menjaga stabilitas dan kondusivitas Kabupaten Sumenep, utamanya dari penyebaran paham-paham radikal dan intoleran yang  berefek negatif terhadap kerukunan dan keberagaman,” pungkas Bupati Ra Achmad Fauzi.

Berikut susunan kepengurusan atau keanggotaan FKUB Kabupaten Sumenep 2022-2027.

Ketua KH. Qusyairi.

Sekretaris KH. Ali Rifqi Abdullah.

Bendahara KH. Ach. Subaidi

Tinggalkan Balasan