Wabup Buka Turnamen E-Sport Bupati Sampang Cup 2022

IMG 20221211 172158

SAMPANG, Detikzone.net- Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat membuka Turnamen E-Sport Bupati Sampang Cup 2022 di Gedung Olahraga Indoor, Jalan Wijaya Kusuma.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Sampang, Kepala Disporabudpar Sampang H. Marnilam, Ketua KONI Sampang Abd Wasik dan Ketua Sampang Kreatif.

Ketua ESI Sampang Abdurrahman Wahid menyampaikan bahwa Turnamen E-Sport Bupati Sampang Cup baru pertama kali digelar sebagai momen memperingati Hari Jadi ke 399.

Adapun tiga divisi game yang dipertandingkan diantaranya Mobile Legend, Free Fire dan PES.

“Antusias masyarakat luar biasa, baru dibuka sepekan pendaftaran dibuka, jumlah kuota peserta untuk Mobile Legend 48 tim, Free Fire 48 tim dan PES 96 tim terpenuhi,” ungkapnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa target dari Turnamen tersebut akan menjaring atlet yang diproyeksikan dalam gelaran Porprov Jatim 2023 mendatang.

“E-Sport menjadi Cabor yang akan memperebutkan medali sehingga perlunya dilakukan penjaringan atlet dari seluruh wilayah di Kabupaten Sampang,” ujarnya. Sabtu (10/11/2022).

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Sampang tidak ketinggalan zaman dan mampu menempatkan posisi di tengah peradaban era digital.

Penyelenggaraan Turnamen E-Sport Bupati Sampang Cup menurutnya menjadi bukti bahwa SDM kita siap menjadi bagian dari era digital dengan segala tantangannya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi Turnamen yang diselenggarakan sebagai event memperingati Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 399.

Menurutnya, di zaman digital, segala aspek kehidupan telah tersentuh oleh kecanggihn teknologi digital dan internet, sehingga hal tersebut yang kemudian menimbulkan berbagai dinamika dan transformasi termasuk di bidang olahraga.

“Aktivitas game online bukan sekedar permainan akan tetapi telah berkembang dan diakui menjadi cabang olahraga, sehingga Pemerintah Daerah sangat mendukung digelarnya Turnamen tersebut,” ujarnya.

Dirinya menilai E-Sport sama sama cabang olahraga membutuhkan strategi untuk menang namun yang membedakan jika kebanyakan lebih banyak menggunakan fisik, maka E-Sport sama seperti catur yang menggunakan otak sebagai senjata utama.

Bahkan, E-Sport juga resmi berada dalam naungan KONI dan sudah menjadi Cabor Eksebisi pada PON ke 20 Tahun 2021 di Papua serta Porprov Jawa Timur ke VII di Jember.

“Turnamen ini bisa menjaring banyak atlet E-sport yang potensial untuk bisa diikutkan dalam ajang Regional dan Nasional,” ujarnya.

Pihaknya berharap ESI Sampang dapat terus mengorganisir para Gamers agar bisa membangun iklim keolahragaan yang kompetitif.

“Lahirkan bibit atlet E-Sport, pesan saya junjung selalu sportivitas dan selamat bertanding,” ucapnya.

Usai membuka kegiatan, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat kemudian berkunjung melihat para peserta yang bertanding bahkan tak segan-segan mencoba bermain PES dengan peserta

Tinggalkan Balasan