Buka Diseminasi Hasil Program STPI, Wabup Sumenep Komitmen Atasi TBC

IMG 20221209 000630

SUMENEP, Detikzone.net-Wakil Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Dewi Khalifah membuka kegiatan Diseminasi hasil program STPI (Stop TB Partnership Indonesia) di Kabupaten Sumenep yang berlangsung di Ruang Graha Arya Wiraraja Lantai II Kantor Bupati Sumenep. Kamis (08/12/2022).

Kegiatan juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Dr. dr, Erwin Astha Triyono, Direktur Eksekutif STPI dr.Henry Diatmo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Agus Mulyono dan bersama OPD terkait.

Wabup mengatakan, Tuberculosis (TBC) merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia.

“Tuberculosis atau TBC menjadi tantangan untuk pembangunan Indonesia karena sekitar 75 persen pasien TBC adalah kelompok usia produktif dengan usia sekitar 15 hingga 54 tahun,” ungkapnya.

Berkenan dengan itu, pemerintah pusat telah berkomitmen untuk melakukan eliminasi TBC tahun 2030 dengan menerbitkan strategi nasional penanggulangan TBC, dan menjadikan TBC sebagai salah satu indikator standar pelayanan minimal di Puskesmas.

“Pada tingkat kabupaten, Kabupaten Sumenep sudah membentuk forum percepatan penanggulangan TBC melalui Paraturan Bupati dan penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD),” ujarnya

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Sumenep juga menggandeng Stop TB Partnership Indonesia (STPI) sebagai pelaksana program dengan membentuk dan melatih kader pesantren dan masyarakat desa untuk melakukan edukasi dan penemuan kasus TBC secara mandiri.

“Pemerintah Kabupaten Sumenep juga mengeluarkan inovasi penanganan TBC dan Stunting berupa gerakan eliminasi terpadu tuntaskan Tuberculosis dan Stunting atau GETTS,” terangnya.

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, program ini melibatkan semua pihak, semua unsur, semua komponen yang ada di Kabupaten Sumenep.

Ia juga menekankan pentingnya komitmen bersama untuk mendukung percepatan eliminasi TBC tahun 2030 di Kabupaten Sumenep.

“Komitmen yang tegas dari para stakeholder dan pemangku kepentingan dalam upaca eliminasi TBC akan mempercepat gerakan eliminasu TBC di Kabupaten Sumenep,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan