Tunjukkan Bukti Nyata Peduli Petani, Bupati Sumenep Bagikan Pupuk Gratis

20221203 234710 0000
Foto: Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, S.H, M.H disambut antusias warga saat menyalurkan pupuk gratis di Kecamatan Lenteng, Sumenep .

SUMENEP, Detikzone.net- Tunjukkan bukti nyata kepedulian terhadap para petani, Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H turun langsung untuk mendistribusian pupuk gratis kepada petani melalui Kelompok Tani (Poktan), di Kecamatan Lenteng. Sabtu (03/12/2022).

Bupati Ra Achmad Fauzi mengatakan, pihaknya sengaja mendatangi penyaluran bantuan pupuk gratis tersebut untuk memastikan program bantuan pupuk gratis sudah terlaksana.

“Pemerintah daerah tahun ini memprogramkan bantuan pupuk dan bibit pertanian gratis guna membantu para petani,” ujar Bupati Achmad Fauzi.

Menurutnya, tahap pertama penyaluran bantuan pupuk gratis hari ini, Sabtu, 03/11, sebagai sasaran prioritas pengentasan kemiskinan ekstrem sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS).

“Tentunya, bantuan pupuk gratis ini sebagai wujud pemerintah daerah hadir untuk membantu para petani, meskipun bantuannya tidak menyentuh semua petani, karena menyesuaikan dengan kekuatan APBD,” ujar Bupati.

Keponakan MH. Said Abdullah ini memastikan, program bantuan pupuk gratis tersebut akan menjadi program berkelanjutan.

“Semua itu, untuk membantu para petani dalam rangka mengurangi beban biaya produksi, sekaligus meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumenep,” tegasnya.

Ia berjanji, Petani yang belum mendapatkan jatah pupuk gratis tahap pertama diminta untuk menunggu tahap kedua, yang sasarannya petani di 27 kecamatan.

“Kami rencanakan setiap tahun ada bantuan pupuk gratis, sehingga petani atau kelompok tani yang masih belum menerima bantuan tahun ini akan secara bergiliran mendapat bantuan,” ungkapnya.

Ia menghimbau kepada semua Kelompok Tani (Poktan) penerima bantuan agar menyampaikannya kepada seluruh anggota kelompok dan memanfaatkan bantuan yang diterima dengan sebaik-baiknya.

“Kepada kelompok tani penerima bantuan pupuk gratis, jangan sampai memperjualbelikan pupuk gratis itu, namun manfaatkan untuk kebutuhannya sendiri,” imbaunya

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di APBD 2022, mengalokasikan bantuan pupuk gratis untuk lima kecamatan kemiskinan ekstrem sebanyak 47 ton.

Penerimanya adalah petani yang kelompok taninya sudah terdatabase di Simluhtan.

Selain itu, pemerintah daerah juga memprogramkan bantuan pupuk gratis tahap kedua dan ketiga berupa bantuan bibit jagung dan pupuk pada musim tanam tahun ini

Tinggalkan Balasan