Sigap Bencana, Bupati Sumenep Kunjungi Pondok Al-Amien dan Puskesmas Pragaan

IMG 20221127 WA0224
Foto: Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H saat mengunjungi Puskesmas Pragaan.

SUMENEP, Detikzone.net-  Wujud kesigapan Pemerintah Daerah terhadap bencana, Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H bersama sejumlah Pimpinan OPD dan Forkopimda mendatangi Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan Puskesmas Kecamatan Pragaan setelah diterjang banjir.

Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi, S.H., M.H mengungkapkan, pihaknya mendatangi wilayah terdampak banjir tersebut untuk mengetahui kondisi terkini sekaligus mencari faktor penyebabnya.

“Berdasarkan komunikasi dengan pengasuh pondok pesantren, salah satu penyebab terjadinya banjir karena saluran irigasi yang tidak lagi mampu menampung air hujan hingga mengakibatkan air naik ke jalan raya dan air mengalir ke sejumlah titik seperti ke pondok pesantren dan Puskesmas,” ungkapnya.

Kendati saluran irigasi tersebut kewenangan pemerintah pusat, Bupati Sumenep berjanji akan menindaklanjuti.

“Pemerintah daerah akan secepatnya melakukan koordinasi untuk segera mengatasi saluran itu, dalam upaya mencegah tidak terjadi banjir serupa pada saat hujan lebat,” tuturnya.

Selain mengunjungi, pondok pesantren Al-Amin, Bupati  juga mendatangi Puskesmas Kecamatan Pragaan.

Saat di lokasi, pemimpin yang dikenal peduli ini berkomunikasi dengan keluarga dan para pasien Puskesmas.

Bupati Sumenep, Ra Achmad Fauzi meminta kepada jajaran Puskesmas agar terus menunjukkan pelayanan maksimal.

Keponakan Ketua Baggar RI juga menginstruksikan OPD terkait untuk secepatnya melakukan analisis penyebab banjir  untuk dilaporkan kepada pemerintah pusat.

“Tentunya, Pemerintah Daerah harus hadir di tengah-tengah masyarakat siapapun yang terkena musibah, selain mencari penyelesaiannya juga memberikan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Bupati mengunjungi lokasi terdampak banjir di Kecamatan Pragaan bersama OPD terkait, di antaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Tinggalkan Balasan