Atasi Banjir, Bupati Sumenep Minta Semua Pihak Bersinergi Jaga Kebersihan Lingkungan

IMG 20221127 WA0216
Foto: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, S.H., M.H (kiri) bersama Kepala Dinkes dan KB, Agus Mulyono (kanan)

Sumenep, Detikzone.net- Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ra Achmad Fauzi bersama Kapolres dan Dandim, serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengunjungi wilayah Kecamatan Pragaan. Minggu (27/11/2022).

Dalam agendanya, pemimpin pro rakyat ini mendatangi Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan Puskesmas Kecamatan Pragaan untuk mengetahui kondisi pasca banjir kemarin.

Bupati mengungkapkan, pemerintah daerah dan masyarakat harus bersama-sama berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah terjadinya banjir dan penyakit.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat, namun perlu peran aktif seluruh elemen masyarakat,” ujar Ra Ahmad Fauzi.

IMG 20221127 WA0215

Bupati berpesan, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

“Masyarakat hendaknya tidak membuang sampah sembarangan, baik di selokan maupun sungai sebagai upaya mencegah terjadinya banjir di lingkungannya, apalagi intensitas curah hujan cukup tinggi akhir-akhir ini,” kata Bupati di sela-sela kunjungannya, di Kecamatan Pragaan, Minggu (27/11/2022).

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi penyebab adanya banjir, termasuk sistem irigasi dan drainase yang kurang baik dan banyaknya tumpukan sampah.

“Sehingga ketika musim penghujan tidak bisa menampung air hingga menyebabkan air meluap dan mengalir ke lahan permukiman dan tempat lainnya,” tuturnya

Oleh sebab itu, suami Nia Kurnia ini meminta kesadaran dan partisipasi seluruh masyarakat agar menjaga dan menciptakan lingkungan tetap bersih dan terhindar dari banjir, termasuk mencegah penyakit yang disebabkan dari sampah dan genangan air.

“Masyarakat tidak membuang sampah ke sembarang tempat, tentunya membantu pemerintah dan keluarganya, karena telah peduli pada lingkungan untuk mencegah dampaknya seperti banjir dan penyakit,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan