Inampa Adakan Sosialisasi Kode Etik Perwira Pandu Menuju Profesionalisme

Banjarmasin, Detikzone.net-Dalam rangka ikut mendukung visi misi perusahaan untuk menjadi pemimpin ekosistem maritime terintegrasi dan berkelas dunia, Pelindo Sub Regional Kalimantan bekerja sama dengan Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) mengadakan sosialisasi kode etik perwira pandu dan pembinaan teknis lapangan pada para anggota di wilayah pemanduan Pelabuhan Banjarmasin.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertempat di Ruang Rapat Tanjung Perak Kantor Pelindo Sub Regional Kalimantan.

Kegiatan bertajuk menjadi world class pilot menghadapi kompetisi global di bidang maritime tersebut langsung dihadiri oleh Presiden Inampa Pasuruan Herman Harianja untuk menyampaikan motivasi dan paparan kepada para perwira pandu dan turut hadir pula KSOP Kelas I Banjarmasin yang diwakili oleh Kabid KBPP Ferry Akbar dan CEO Pelindo Sub Regional Kalimantan yang diwakili oleh RM Pelayanan Kapal Marolop Alfred Tampubolon. 15/11.

Sebagai Presiden Asosiasi yang mengorganisir eksistensi perwira pandu di Indonesia, pada sebagian paparannya, Herman Harianja menyampaikan tentang bagaimana Pelindo mampu memenangkan persaingan di masa mendatang pengusaha membutuhkan inovasi kreatifitas dan entrepreneurship dengan sumber daya manusia yang unggul.

“Terutama perwira pandu juga merupakan roda penggerak utama di sektor kepelabuhanan yang berkaitan erat dengan pelayanan pemanduan kapal yang menjadi bagian dari alur bisnis yang dimiliki oleh Pelindo,” katanya.

Jadi, lanjut dia, sangatlah penting peranan perwira pandu dalam mendukung keberhasilan Pelindo meraih prestasi sebagai pemimpin ekosistem maritime terintegrasi dan berkelas dunia.

Motivasi pun dikobarkan oleh Ferry sebagai bagian dari Regulator bahwa Berbanggalah kalian rekan perwira pandu bahwa jabatan pekerjaan yang dimiliki saat ini bukanlah sesuatu yang mudah didapat karena merupakan keahlian yang tidak dapat dimiliki setiap orang pada umumnya.

“Untuk menjaga profesionalitas kinerja para perwira pandu pada saat melayani pengguna jasa, agar pelayanan kinerja operasional terjaga dengan baik dan kepercayaan pengguna jasa terhadap perusahaan semakin baik ungkap Marolop mewakili manajemen,” ungkapnya.

Menurutnya, Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) adalah Organisasi Resmi Maritime Pilots’ yang dibentuk tahun 2003 sebagai wadah pemersatu dan forum komunikasi Para Perwira Pandu Maritim (Maritime Pilots’).

“Kehadiran organisasi tersebut merupakan salah satu organisasi pemerhati kemaritiman khusus terhadap pekerja yang profesional dan memiliki kompetensi atau keahlian sebagai Perwira Pandu yang sehari – hari bekerja melakukan Pemandu Kapal di seluruh wilayah Perairan Indonesia baik yang bertugas di pelabuhan Umum, Terminal Khusus, Perairan Lepas Pantai (Off Shore),” tandasnya.

Tentang Pelindo:

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhanan.

Tugas, wewenang, dan tanggungjawab Pelindo mengelola pelabuhan yang tersebar di 32 provinsi di Indonesia. Pelindo menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut.

Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi Negara dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan