Songsong Pemilu 2024, KPU Sumenep Buka Rekrutmen PPK

SUMENEP, Detikzone.net- Songsong Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) .

Rekretmen tersebut sudah dibuka sejak 20 hingga 29 November 2022.

Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Rafiqi Tanzil mengatakan, penerimaan pendaftaran pelamar PPK itu memakai sistem online melalui sistem informasi anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA).

“Hingga hari keempat ini, berkas yang sudah diterima dan melengkapi seluruh administrasi yang dibutuhkan sekitar ada 40-an orang pelamar PPK dari 16 kecamatan,” ujar Rafiqi.

Rafiki berujar, warga yang telah membuat akun SIAKBA sudah lebih dari 600-an orang. Dari jumlah tersebut sebagian calon pendaftar hanya membuat akun dan ada yang telah mengisi data, namun berkasnya belum lengkap.

“Terdapat 11 kecamatan yang masih kosong pendaftar, tapi mereka sudah membuat akun. Kami prediksi para pelamar masih melengkapi berkas, karena untuk kelengkapan berkas pada rekrutmen PPK Pemilu 2024 ini cukup rumit,” ujarnya.

Ia menambahkan, Persyaratan administrasi seperti surat keterangan sehat tidak hanya cukup menyertakan sehat saja, akan tetapi harus ada hasil pemeriksaan tensi, gula darah, kadar gula dan kolesterol. Termasuk juga sehat rohani harus membuat pernyataan khusus bagi calon pelamar PPK yang ditandatangani di atas materai.

“Sehingga agak sedikit ribet bagi masyarakat yang sudah menyediakan berkas harus ada revisi dan sebagainya. Makanya pelamar membuat akun dulu, baru kemudian melengkapi dan merampungkan persyaratan yang dibutuhkan,” terangnya.

Diahrapkan hingga akhir pendaftaran pada 29 November 2022 nanti, para pelamar sudah merampungkan dan menyerahkan berkas ke KPU.

“Kita siapkan Help Desk di Kantor KPU Kabupaten Sumenep, untuk konsultasi dan informasi termasuk penyerahan berkas administrasi pelamar PPK Pemilu 2024,” ungkapnya.

Sesuai jadwal, hasil verifikasi administrasi pelamar PPK Pemilu 2024, akan diumumkan pada 2 Desember 2022.

Kemudian 5 hingga 7 Desember 2022 merupakan jadwal test tulis yang akan menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT)

Tinggalkan Balasan