Pemdes Juluk Gelar Jum’at Bersih, Kades Taufik Ajak Warga Budayakan Hidup Sehat

IMG 20221119 013035 1
Foto: Kepala Desa Juluk, Taufik Rahman beserta perangkat desanya saat menggelar Jumat bersih.

Sumenep, Detikzone.net-  Pemerintah Desa Juluk, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep menggelar Jumat bersih di sejumlah titik wilayah setempat. Jumat, 18/11/2022.

Kepada Detikzone.net, Kepala desa Juluk, Taufik Rahman, SE mengatakan, gerakan Jum’at Bersih ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan mendorong masyarakat agar membudayakan hidup bersih dan sehat.

“Kegiatan ini untuk menumbuhkan semangat gotong royong agar masyarakat memiliki kesadaran untuk membudayakan hidup bersih dan sehat,” kata Kepala Desa Juluk, Taufik Rahman, SE.

IMG 20221119 012807

Menurutnya, kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan rutin setiap hari jumat di lingkungan desa Juluk tersebut sebagai implementasi nilai pengabdiannya kepada masyarakat.

“Pagi ini kita melaksanakan Jumat bersih di halaman Polindes Juluk dan di sejumlah tempat, sebagai wujud kepedulian kita kepada masyarakat dan kepedulian kita terhadap lingkungan,” jelasnya.

Tentunya, ujar Taufik, melalui Jumat bersih tini akan banyak manfaat yang bisa dirasakan.

“Karena selain memberikan kenyamanan, aksi bersih-bersih ini juga akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan di sekeliling hidup kita,” ujarnya.

Melalui kegiatan Jumat bersih, pihaknya berikhtiar memberikan contoh langsung  kepada masyarakat sehingga budaya bersih dan sehat menjadi kebiasaan pada kehidupan sehari hari.

“InsyaAllah kedepan desa Juluk siap menjadi desa percontohan tentang kebersihan lingkungan bagi desa-desa lain yang berada di wilayah Kecamatan Saronggi,” tukasnya.

IMG 20221119 012601

Taufik menandaskan, manfaat kegiatan Jumat bersih juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang diakibatkan lingkungan yang tidak bersih, sehingga kegiatan membersihkan lingkungan sangat penting dilakukan masyarakat.

“Melalui kegiatan jumat bersih yang selalu rutin dilakukan, tentunya akan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit di tengah masyarakat akibat lingkungan yang tidak sehat. Oleh sebab itu, gerakan Jumat bersih desa Juluk ini diharapkan menjadi pelopor motivasi masyarakat untuk mencintai kesehatan dan kebersihan lingkungan,” tandas Taufik.

Tinggalkan Balasan