Orchestra Disabilitas SMA Muhamadiyah 10 Surabaya Akan Tampil di Solo

Jatim, Detikzone.net- Semarak Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo Jateng tahun ini memang dianggap cukup istimewa, dikarenakan masa vakum pandemi selama dua tahun lebih, kembali warga Muhammadiyah bisa bereksistensi.

Keistimewaan dan kegembiraan tersebut juga dirasakan oleh para siswa SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Dalam pelaksanaan Muktamar kali ini, sekolah yang sering disebut SMAMX tersebut berhasil mendapatkan kepercayaan dari Pengurus Pusat Muhammadiyah untuk unjuk diri kemampuan bakat mereka terutama di bidang musik.

Grup Orchestra Disabilitas SMAMX akan menyelenggarakan mini konser dalam ajang Expo MITE Muktamar Muhammadiyah di De Tjolomadoe, tanggal 20 November 2022 mendatang.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya, H. Hamri Al Jauhari, melepas grup tersebut melalui seremonial khusus di Griya Layanan Disabilitas & Pusat Studi SMAMX.

“Saya turut bersenang dan bangga kepada kalian, karena dengan beberapa keterbatasan-keterbatasan diri, kalian ternyata mampu mempersiapkan sebuah penampilan yang bagus,” terang Hamri, dalam rilisnya Jumat (18/11/2022).

Lanjut Hamri, dirinya memberikan dukungan penuh kepada beberapa anggota grup yang juga penyandang disabilitas dan percaya bahwa keterbatasan tersebut bukanlah sebuah hambatan untuk berkembang.

Grup Orchestra sendiri beranggotakan 36 orang siswa, dimana beberapa diantaranya adalah siswa disabilitas dan inklusi. Mereka semua mampu berkolaborasi dan menyajikan harmoni yang mengesankan.

Hilbram, salah satu siswa netra dalam grup menyampaikan bahwa dia sangat gembira dapat memiliki kesempatan tampil dalam acara tersebut.

“Ini adalah pengalaman pertama saya. Bermain dalam ajang besar Muhammadiyah dan disaksikan ratusan orang di Solo. Semoga lagu-lagu kami bisa dinikmati disana,” paparnya.

Mereka nantinya akan membawakan 20 buah lagu dalam mini konser yang berlangsung selama dua jam. Diantaranya yang dibawakan adalah lagu-lagu nasional, pop, dan campursari. Termasuk didalamnya akan ada sajian khusus khas Suroboyo, yakni kidungan.

“Kami berharap penampilan Grup Orchestra Disabilitas ini nantinya di Solo mampu memberikan motivasi pada banyak orang bahwa keterbatasan bukanlah sebuah problema. Harus tetap mampu berkarya”, imbuh Sudarusman Kepala SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.

Sudarusman berharap penampilan grup tersebut mampu menghibur pengunjung Expo MITE Muktamar Muhammadiyah, sekaligus menjadi pembeda suasana.

 

Tinggalkan Balasan