Bangun Sinergitas, Polsek Kangean Bersama Koramil 0827/18 Gelar Safari Sholat Jumat

20221118 191454 0000
Foto: Kepolisian Sektor ( Polsek) Kangean bersama Koramil 0827/18 Kangean gelar Safari Sholat Jum’at di Masjid Miftahul Jannah, Desa Sumbernangka.

SUMENEP, Detikzone.net- Bangun Sinergitas dengan masyarakat, Kepolisian Sektor ( Polsek) Kangean bersama Koramil 0827/18 Kangean gelar Safari Sholat Jum’at di Masjid Miftahul Jannah, Desa Sumbernangka, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Jumat, 18/12/2022.

Hadir dalam giat keagamaan tersebut yakni Kapolsek Kangean Iptu Agus Sugito, S.H., MH, beserta anggotanya, Danramil Kangean Kapten Czi Acep Kusnadi bersama anggotanya, Kades Sumbernangka, Agus Salim, SE, Jama’ah shalat Jum’at dari Desa Sumbernangka dan sekitarnya serta L Khatib Jum’at, H. ABD. RAUF.

Pada kesempatan itu, Kapolsek Kangean, Iptu Agus Sugito, S.H., M.H menyampaikan makna yang terkandung dalam TRIBRATA Kepolisian yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

MELINDUNGI masyarakat artinya kami diharuskan lebih kuat dari masyarakat, tujuannya untuk melindungi masyarakat dari ancaman gangguan kejahatan ataupun bencana alam,” kata Iptu Agus  Sugito dihadapan Jamaah.

MENGAYOMI masyarakat, lanjut Iptu Agus, Polisi selaras dengan masyarakat. Saling mengisi, bertukar pendapat atau sharing.

“Oleh sebab itu, jangan segan-segan memberikan masukan-masukan kepada kami, bahkan jika kami menyimpang, tolong kami untuk diingatkan,” lanjut Agus Sugito.

MELAYANI masyarakat, sambung mantan Kapolsek Kangayan ini, Polisi berada pada posisi dibawah masyarakat untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Seyogyanya, untuk mencapai itu semua, antara kepolisian dengan masyarakat harus terjalin sinergitas yang kuat, membangun kedekatan emosional dan memberikan edukasi yang baik terkait dengan kesadaran hukum dan keamanan,” sambung Agus Sugito .

20221118 191525 0000

Kapolsek Ipty Agus Sugito, S.H., M.H berharap, melalui Safari sholat Jum’at tersebut, hubungan sinergis TNI- Polri dan masyarakat akan semakin dekat.

“Betapa pentingnya menjalin hubungan ukhuwah islamiah untuk kebersamaan dalam upaya menciptakan situasi yang aman, sehingga bisa dengan tenang dalam menjalani hidup bermasyarakat,” harapnya.

Iptu Agus Sugito berjanji akan terus berupaya menjalin kemitraan bersama masyarakat dengan berbagai cara.

“Salah satunya dengan rutin melaksanakan giat safari Sholat Jum’at Bersama di Masjid,” pungkasnya .

Ditempat yang sama, Danramil Kangean menambahkan, tugas TNI-POLRI dengan masyarakat memang berbeda, namun tujuannya adalah sama, yakni untuk keutuhan NKRI.

“Kami TNI-POLRI di Kecamatan Arjasa ini sudah berkomitmen selalu berkolaborasi dalam pembinaan-pembinaan kepada masyarakat demi terwujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif,” tambahnya.

Menurutnya, Safari Sholat Jumat tersebut sangat positif sebagai wadah untuk menyerap aspirasi masyarakat.

“Selain melestarikan syiar Islam, Safari Jumat ini tentu bisa menciptakan harmonisasi yang baik antara masyarakat, TNI dan Polri,” terangnya.

Sementara itu, Kades Sumbernangka, Agus Salim menyampaikan terima kasihnya kepada Kapolsek dan Danramil Kangean beserta jajarannya atas partisipasinya dalam menggelar Safari Sholat Jumat.

“Kami mewakili seluruh masyarakat Desa Sumbernangka sangat berterimakasih atas kehadiran dari Kapolsek Kangean dan jajarannya, juga Danramil beserta jajarannya. Kami menilai, momen seperti ini memang sangat positif sehingga para petugas bisa hadir turun langsung bersama warga,” tukasnya.

Terakhir, Kepala Desa Sumbernangka memastikan bahwa sejauh ini sinergitas kepolisian dan Koramil Kangean sudah berjalan sangat baik dengan Pemerintah Desa.

” Alhamdulillah sejauh ini sinergitas sudah terbangun dengan sangat baik, mudah mudahan, melalui Safari Jumat ini kita semua diberikan keberkahan dan keselamatan,” tandasnya.

 

Tinggalkan Balasan