Gerakan Cinta Cagar Budaya, Pemkab Pamekasan Gelar Pameran dan Sejumlah Perlombaan

20221114 194334 0000

Pamekasan, Detikzone.net- Gerakan Cinta Cagar Budaya, Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan menggelar sejumlah perlombaan di depan Museum Umum Mandilaras, Senin (14/11/2022).

Acara tersebut adalah rangkaian Hari Jadi ke-492 Kabupaten Pamekasan dan  berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai hari ini, 14 -16 November.

20221114 194404 0000

Jenis perlombaan tersebut meliputi lomba membuat miniatur perahu sebanyak 16 peserta, cerdas cermat tentang cara budaya sebanyak 22 grup, lomba melukis cagar budaya dengan jumlah peserta mencapai 87 orang, serta lomba menulis bagi guru PAUD, SD, dan guru SMP dengan jumlah peserta mencapai 223.

“Untuk lomba melukis, juara satu nanti akan kita ikutkan di tingkat provinsi pada tahun 2023. Mohon doanya, semoga Pamekasan menjadi yang terbaik,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini saat memberikan sambutan.

Menurutnya, kegiatan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta para pemuda dan kaum pelajar di Pamekasan terhadap nilai sejarah dan kebudayaan.

“Kegiatan tersebut bertujuan sebagai media pembelajaran untuk membentuk karakter para pelajar untuk memahami dan mencintai cagar budaya yang ada,” sebutnya.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan yang dibaluti perlombaan seperti itu akan membuat pelajar lebih memahami nilai-nilai sejarah cagar budaya.

“Agar para pelajar bisa tergerak untuk melestarikan dan melindungi objek budaya yang ada,” harapnya.

Sebab, lanjut dia, cinta terhadap budaya akan memperkokoh rasa cinta terhadap agama, bangsa dan negara.

“Kita perlu pahami bahwa kita hidup di tiga dimensi, dimensi masa lalu, dimensi masa kini, dan dimensi masa depan. Kehidupan masa kini adalah representasi masa lalu. Kalau ada orang mengatakan masa depan itu seperti apa, ya bagaimana keadaanmu hari ini,” tandasnya.

Ia menegaskan, tiga dimensi itu tidak bisa dilepaskan dalam menata kehidupan di masa yang akan datang. Sehingga, kegiatan yang dapat mendorong rasa cinta terhadap budaya perlu digalakkan.

“Maka pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menumbuhkan kesadaran itu untuk menyiapkan masa depan kita,” tutupnya .

Tinggalkan Balasan