Nasional

Diluar Dugaan, Cabor Judo Barito Kuala Mampu Raih Emas

1270
×

Diluar Dugaan, Cabor Judo Barito Kuala Mampu Raih Emas

Sebarkan artikel ini
20221111 174741 0000

Batola, Detikzone.net- Di luar dugaan, Cabang Olahraga Judo dari Kabupaten Barito Kuala (Batola) dalam ajang Porprov XI Kalsel di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), baru pertama tanding, Kamis (10/11/2022), ternyata mampu mempersembahkan 4 medali yang terdiri dari 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Padahal cabang olahraga ini baru terbentuk sekitar 3 tahun terakhir.
Pelatih Judo Batola, Aiptu Kadarimurachman SH menyatakan, sudah memprekdiksi torehan yang dihasilkan para anak asuhnya tersebut.

“Kita sudah mengukur kekuatan kelas 50 kg ini, mengingat di Kalsel untuk power mereka memang di atas rata-rata,” ucapnya saat diminta tanggapan di sela pertandingan yang digelar di Gentangan Burung Berkicau GOS Aluh Idut.

Terkait strategi, pria yang juga menjabat Ketua Harian Judo Batola ini menyatakan, selain serius melakukan pembinaan juga mengaktifkan latihan, kendati harus masih menumpang di sekolah-sekolah seperti di SMP 2, 3, dan 5 Marabahan.

Pria yang juga menjabat Bidang Hukum KONI Batola ini sangat termotivasi membina para generasi di daerah mulai tingkat SLTP dan SLTA agar berprestasi dan menjadi generasi gemilang ke depan.

Ia menargetkan, setelah Porprov di Kandangan ini, akan mengupayakan mengirim anak-anak binaannya ke kejuaraan nasional jika didukung pemerintah daerah tahun 2023 mendatang.

Di samping juga mengadakan kejuaraan antar pelajar, khususnya dari Kabupaten Batola dalam rangka mencari bibit-bibit muda berbakat.

Ketua KONI Batola Drs Dahlan MIP menyatakan, sangat sependapat atas rencana pembinaan yang dilakukan judo. Karena keberhasilan sangat ditentukan dari pembinaan yang kontinyu.

Pria yang juga pernah menjabat Kepala Dinas PMD Batola ini mengutarakan, kebijakan KONI Batola memberangkatkan atlet ke Proprov XI Kandangan yang mempersyaratkan minimal juara IV pada Kejurprov Kalsel memiliki harapan agar hasilnya realistis dari jumlah atlet yang dikirim.

Karenanya, sebut Dahlan, hasil Porprov di Kandangan ini boleh dibilang sebagai bahan evaluasi total bagi KONI Batola dalam rangka mempersiapkan ajang 4 tahun ke depan, termasuk pada even nasional dan internasional.

“Jadi hasil ini nantinya akan kita laporkan berjenjang baik ke legislatif maupun eksekutif agar bisa menjadi masukan untuk pembenahan dan perbaikan,” ujarnya.

Sebenarnya, ungkap pria yang juga pernah menjabat Kepala BPBD ini, Batola memiliki banyak potensi terhadap atlet.

“Tinggal sejauhmana komitmen bersama dari SKPD terkait, pemda, dan DPRD dalam rangka meningkatkan olahraga di Batola,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan