Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Sumenep Gelar Upacara di TMP Jokotole

IMG 20221110 155101

SUMENEP, Detikzone.net- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Jokotole Kabupaten Sumenep, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan upacara diikuti oleh Sekdakab Sumenep, Edy Rasiyadi, M.Si, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Veteran dan sejumlah ASN Pemkab.

Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pidatonya mengungkapkan, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan hendaknya dijadikan sebagai inspirasi dalam setiap langkah kehidupan.

“Sehingga peringatan Hari Pahlawan ini, terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa, supaya terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.,” kata Wakil Buoati Sumenep, Nyai Dewi Khalifah.

20221110 155021 0000

Selain itu, lanjut Wabup, momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 sebagai ajang untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Bahkan harus meningkatkan rasa saling menghargai satu sama lain,” tuturnya

Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 bertema “Pahlawanku Teladanku” untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan agar generasi saat ini bisa membangun ingatan kolektif bangsa dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan.

“Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, menjadi semangat generasi saat ini, untuk meneruskan cita-cita membangun bangsa dan negara yang merdeka,” tutur Nyai Wabup membacakan amanat menteri Sosial.e

Perjuangan yang harus dilakukan saat ini, kata Wabup adalah menaklukkan ancaman dan tantangan pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

“Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, temasuk melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, menggunakan air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air generasi mendatang,” terangnya.

Terakhir, Nyai Dewi Khalifah berpesan agar seluruh elemen saling bahu membahu untuk bersama-sama memberantas kebodohan, memerangi  kemiskinan demi mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Seusai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Wakil Bupati Hj. Dewi Khalifah bersama unsur Forkopimda melakukan santunan kepada veteran dan melakukan ziarah dan tabur bunga ke makam para pahlawan di TMP Joko Tole.

Tinggalkan Balasan