Sasar 19 Kecamatan, Satpol-PP Sumenep Gencarkan Sosialisasi Pemberdayaan Satlinmas 

20221109 134841 0000
Foto: Satpol PP Kabupaten Sumenep Gencarkan Sosialisasi Pemberdayaan Satlinmas 

Sumenep, Detikzone.net- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus gencarkan Sosialisasi Pemberdayaan Satlinmas. Rabu, 09/11/2022.

Setelah sukses menggelar kegiatan tersebut di sejumlah Kecamatan, Satpol- PP Kabupaten Sumenep melanjutkan sosialisasinya di Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep.

Baca JugaImplementasikan Amanat Permendagri, Satpol PP Sumenep Gelar Pemberdayaan Satlinmas

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Trantibum dan Linmas, Fajar Santoso mengatakan, kegiatan tersebut ia gencarkan sebagai upaya  meningkatkan peran serta Satlinmas dalam keamanan dan ketertiban lingkungan desa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan peran serta dan eksistensi dari pada Linmas. Termasuk dalam hal ini implementasi Permendagri no 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat. Yang pertama tentang perlindungan masyarakat pada pasal 8 bab 1 bahwa pemerintah kabupaten kota dan desa serta kelurahan itu wajib menyelenggarakan perlindungan masyarakat atau Linmas,” ujarnya.

20221109 134952 0000

Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakn di 19 Kecamatan.

“Kegiatan ini menyasar 19 Kecamatan dan sudah berjalan 17 Kecamatan di Daratan. Sisanya tinggal Kecamatan Saronggi dan Gapura. Besok ke Saronggi dan tanggal 17 nanti di Gapura,” tutur Fajar.

Kata Fajar, selama ini adanya Linmas kurang diperdayakan, padahal peran Linmas sangat penting dan berperan dalam setiap kegiatan di desa.

“Karena saya tanya ke masing masing Linmas, apakah sejauh ini ada Linmas di Balai desa, ternyata saya tanya tidak ada bahkan saat ada bencana alam, banjir, bencana angin puting beliung juga tidak ada peran Linmas di desa. Karena selama ini mereka mengira tugas Linmas hanya berkaitan dengan Pemilu saja, padahal peran dan tugas Linmas itu banyak yang berkaitan dengan desa,” kata Fajar kepada Detikzone.net.

Picsart 22 10 04 01 34 46 172

Bahkan, lanjut Fajar, jika terjadi asusila, perselingkuhan kemudian terorisme, bahkan ancaman yang menggangu ketentraman masyarakat itu juga menjadi tugas Satlinmas juga.

“Namun tentunya harus berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas,” paparnya.

Terkait pelaksanaan Pilkada dan Pemilihan Umum 2024, Satlinmas harus mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan itu.

“Disitu Linmas juga harus sudah mengikuti aplikasi Sinlinmas sehingga bisa terdata secara Nasional. Dan tadi, saya juga memperkenalkan aplikasi Sinlinmas sehingga di Sinlinmas ini selain terdata, semua kegiatan dapat dilaporkan melalui aplikasi ini,” pungkas Fajar.

Tinggalkan Balasan