Nyai Wabup Ajak Semua Kades di Sumenep Gali Potensi Desa

20221108 213836 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah hadiri kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Angkatan II Tahun 2022 yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep. Selasa (08/11/2022).

Kegiatan tersebut digelar di hotel Utami .

Peserta kegiatan merupakan para Kepala Desa yang baru dilantik hasil dari Pilkades Serentak 2019 dan Pergantian antar waktu (PAW) di Kabupaten Sumenep.

Picsart 22 09 24 00 36 26 542

Dalam giat tersebut, semua Kades  mendapatkan pembinaan dari nara sumber yang terdiri dari unsur DPMD Provinsi Jawa Timur, Balai Besar PemDes Malang, DPRD, Inspektorat, Bappeda dan BPPKAD Kabupaten Sumenep.

Nyai Wabup Sumenep, Dewi Khalifah mengatakan, potensi setiap desa perlu dikembangkan untuk menumbuhkan perekonomian yang muaranya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Manakala, potensi lokal di setiap desa dikembangkan jelas berefek positif terhadap ekonomi masyarakat, sehingga kepala desa harus benar-benar menggali potensi desanya,” katanya.

Wabup berharap, para kepala desa gerak cepat, inovatif dan kreatif dalam menggali potensi desa untuk menuju masyarakat desa sejahtera, karena Pemerintah Kabupaten Sumenep terus bekerja melakukan pembangunan daerah untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami membutuhkan peran serta dukungan dari kepala desa dalam mewujudkan kemajuan pembangunan daerah di segala sektor,” tuturnya.

Ia menegaskan, kepala desa adalah aktor penting dalam membangun desa, sehingga harus mampu menguasai semua potensi desa supaya mampu memberdayakan dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

“Pembangunan desa dilaksanakan secara gotong royong dengan elemen masyarakat, karena itu para kepala desa memperkuat komunikasi dan koordinasi bersama pihak terkait termasuk apabila ada permasalahan yang membutuhkan solusi,” tegasnya.

 

Tinggalkan Balasan