Implementasikan Amanat Permendagri, Satpol PP Sumenep Gelar Pemberdayaan Satlinmas

20221109 091413 0000

SUMENEP, Detikzone.net- Implementasikan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Satlinmas, di Pendopo Kecamatan Pragaan.

“Linmas desa harus siap membantu pengamanan, perlindungan masyarakat dan ketahanan negara. Anggarannya tanggung jawab Pemerintah Kabupaten dan desa,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Sumenep melalui Kepala Bidang (Kabid) Trantibum dan Linmas, Fajar Santoso dalam arahannya, Selasa (08/11/2022).

Picsart 22 10 04 01 34 46 172

Menurut Fajar,  kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan Linmas menjelang pemilu.

“Selain itu, bertujuan untuk menyosialisasikan aplikasi Simlinmas yang bisa di-download di android masing-masing Linmas,” tutur Fajar Santoso.

20221108 220349 0000

Menjadi seorang Linmas, kata dia adalah kewajiban sukarela.

“Karena tugas Linmas berkaitan dengan kemanusiaan yaitu membantu kesulitan sesama dan membantu tugas polisi dan TNI di bidang keamanan dan ketahanan desa,” jelasnya.

Fajar mengulas, secara khusus tugas Linmas desa membantu dalam penanggulangan bencana, keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, juga dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan juga membantu upaya pertahanan Negara.

“Kalau ada kegiatan warga yang mengganggu keamanan dan ketertiban desa maka Linmas memberikan teguran untuk mengedukasi warga,” tandas Fajar Santoso.

Tinggalkan Balasan